Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Ninja Xpress, Modalku Sediakan Pendanaan untuk UMKM

Kompas.com - 25/01/2023, 20:38 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform pendanaan digital Modalku bekerja sama dengan Ninja Xpress menjalin kerja sama untuk menyalurkan pendanaan bagi UMKM yang tergabung dalam layanan Ninja Direct.

Kerja sama ini dapat menjadi solusi bagi UMKM yang memiliki keterbatasan dana dalam proses impor barang.

Head of Growth Modalku Arthur Adisusanto berharap, UMKM dapat meningkatkan produktivitas bisnisnya dalam ekosistem Ninja Direct.

Baca juga: Indonesia Trading House, Pintu Masuk Produk UMKM ke Eropa

Kendala yang kerap dialami oleh UMKM di Ninja Direct adalah mendapatkan akses pendanaan yang cukup untuk mengembangkan bisnis mereka.

Selain itu, UMKM juga sering mengalami kesulitan dalam mengakses supplier-supplier impor terutama dari China, sehingga menjadi tantangan tersendiri untuk mencari bahan baku dengan harga yang kompetitif.

Kurangnya pengetahuan yang mumpuni terkait tren pasar yang terus berubah, juga dapat menyulitkan UMKM untuk menentukan produk atau jenis layanan yang akan ditawarkan kepada pelanggan.

"Kami melihat, para pelaku UMKM yang membeli bahan baku impor masih banyak yang membutuhkan fasilitas alternatif pendanaan. Oleh karena itu, Modalku berinisiatif untuk menjalankan kolaborasi dengan Ninja Direct," ujar dia dalam keterangan resmi, Rabu (25/1/2023).

Arthur menjelaskan, para pelaku UMKM yang tergabung dalam ekosistem Ninja Direct dapat memanfaatkan fasilitas untuk mendapatkan pendanaan tanpa agunan dengan tenor hingga 45 hari.

Dana bisa digunakan sebagai modal usaha tambahan untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis, seperti menambah stok barang maupun membeli bahan baku dari luar negeri melalui layanan Ninja Direct.

"Saat ini, penyaluran pendanaan fokus di area Pulau Jawa. Hal ini dikarenakan hampir sebagian besar pelaku UMKM yang terdaftar dalam Ninja Direct berasal dari Pulau Jawa, terutama di wilayah Jakarta dan sekitarnya," ungkpa dia.

Sementara, Vice President Ninja Direct M Andhithaurik Putera menjelaskan, dalam menyediakan bahan baku dari luar negeri UMKM membutuhkan dana yang cukup besar.

"Harapannya, melalui kerja sama dengan Modalku, UMKM dapat fokus meningkatkan produktivitas dan kualitas produk barang tanpa perlu mengalami kendala dalam mencari tambahan modal untuk membeli bahan baku dari luar negeri,” tutur dia.

Putera menjelaskan, UMKM di Ninja Direct umumnya bergerak di sektor perdagangan. Biasanya UMKM mengimpor bahan baku yang kemudian diolah menjadi jenis produk seperti fesyen, elektronik, maupun home and living.

"Bahan baku fashion merupakan salah satu kebutuhan utama yang sering diimpor, dikarenakan tren pasar yang terus berubah," pungkas dia.

Sebagai informasi, Modalku menyediakan layanan pendanaan digital, penerima dana atau UMKM yang berpotensi bisa mendapatkan modal usaha tanpa jaminan hingga Rp 2 miliar.

Pendanaan tersebut berasal dari pemberi dana platform individu atau institusi yang mencari alternatif investasi pendanaan bersama melalui pasar digital.

Baca juga: Mendag Zulhas Mau Buka Hypermart UMKM di Arab Saudi hingga Amerika Latin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com