Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog: Meski Serapan Beras Petani Bertambah, Rencana Impor Tetap Dilaksanakan

Kompas.com - 03/04/2023, 14:00 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Bulog mengungkapkan penyerapan beras petani di masa panen raya kini sudah meningkat yang sebelumnya hanya 5.000 ton kini menjadi 8.000 ton. Namun, upaya impor beras tetap akan dilakukan dalam rangka penambahan cadangan beras. 

Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto mengatakan, dengan meningkatnya penyerapan beras petani tersebut maka realisasi serapan panen raya oleh Bulog sudah mencapai 98.000 ton.

"Realisasi sudah mengalami peningkatan. Minggu lalu per hari 5.000, sekarang sudah 8.000 per hari," ujar Suyamto saat ditemui di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur Senin, (3/4/2023).

Baca juga: Puas dengan Hasil Panen Raya di Sulsel, Jokowi Minta Beras Segera Didistribusikan ke Wilayah Lain

Lebih lanjut Suyamto mengatakan, Bulog akan terus mengutamakan penyerapan hasil panen dalam negeri untuk cadangan beras pemerintah (CBP).

Namun, ihwal rencana mengimpor beras, Perum Bulog akan tetap melakukan pengadaan beras sebanyak 2 juta ton.

Suyamto mengatakan, saat ini pihaknya sudah memasuki tahap pengadaan impor beras.

“Importasi untuk cadangan beras nasional tetap dilakukan. Kita target, supaya bisa datang sesuai jadwal. Saat ini sedang pengadaan,” kata Suyamto.

Baca juga: Kontroversi Bapanas: Polemik Impor Beras dan Harga Gabah

Diberitakan sebelumnya, Indonesia akan mengimpor beras sebanyak 2 juta ton hingga akhir Desember 2023 dalam rangka pemenuhan Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

Hal itu diketahui melalui Surat Penugasan tertanggal 24 Maret 2023 oleh Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo yang menugaskan Perum Bulog untuk segera mengimpor beras sebanyak 500.000 ton.

Dalam surat itu dituliskan Bapanas menyatakan penugasan impor beras kepada Bulog merupakan hasil rapat Bapanas  dengan Presiden Joko Widodo pada 24 Maret 2023 dengan topik Ketersediaan Bahan Pokok dan Persiapan Arus Mudik Idul Fitri 1444 H.

"Kami menugaskan Perum Bulog untuk melaksanakan pengadaan cadangan beras pemerintah (CBP) dari luar negeri sebesar 2 juta ton sampai dengan akhir Desember 2023. Pengadaan 500.000 ton oertama dilaksanakan secepatnya," tulis Arief dalam suratnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com