Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Rayu Operator Transportasi Beri Diskon Tiket Selama Lebaran 2023

Kompas.com - 07/04/2023, 19:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi merayu para operator transportasi agar bersedia memberikan diskon tarif selama Lebaran 2023.

Dia bilang, beberapa operator sudah menyatakan untuk ikut memberikan diskon tiket selama lebaran setelah dihubungi olehnya.

"Perjalanan itu seyogyanya dilakukan lebih awal. Saya telepon penerbangan, saya telepon juga ke bus, saya telepon ke beberapa tempat," ujarnya saat FGD Mudik Aman Berkesan di Hotel Santika, Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Baca juga: Jelang Mudik, Kemenhub Minta Maskapai Berikan Harga Tiket Pesawat Murah

Pasalnya, kata Menhub, diskon harga tiket ini berguna untuk memancing para pemudik agar mau melakukan perjalanan mudik sebelum dan sesudah puncak arus mudik.

Dengan demikian, jumlah pemudik saat puncak arus mudik dapat berkurang sehingga arus lalu lintas menjadi tidak menumpuk pada puncak mudik 19 April dan puncak arus balik 25 April.

Pada saat rapat terbatas di Istana Negara beberapa waktu lalu, pemerintah sudah menambah tanggal cuti bersama dari hanya 2 hari menjadi 4 hari agar dapat memecah kepadatan tidak hanya di puncak arus mudik.

Namun keputusan ini dinilai tidak cukup. Untuk itulah dia merayu para operator transportasi untuk memberikan diskon tarif untuk keberangkatan sebelum tanggal puncak mudik dan balik Lebaran 2023.

Baca juga: Mudik Lewat Pelabuhan Merak? Bisa Naik Kereta Api Ini

"(Cuti) 4 hari pun tidak cukup, maka kami kemarin diskusi kalau bisa dimajuin lagi. Orang belum tentu mau maju (perjalanan mudiknya) kalau tidak ada insentif, maka insentif itu kita minta untuk operator melakukan diskon," jelasnya.

Saat ini operator jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan tiga maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Citilink, serta Lion sudah memberikan diskon tarif selama Lebaran 2023.

"ASDP diskon juga ya? Iya dong. Jangan malah minta tambah. Jadi diskon Bu (Dirut ASDP) sebelum tanggal 19 itu ada diskon seperti Jasa Marga," kata Menhub kepada Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi yang hadir di acara yang sama.

"Airline sudah setuju, kita tunggu bus juga gitu. Sebenarnya logis dia melakukan diskon, karena okupansi pada sebelum tanggal 19 (April) tidak tinggi," tuturnya seusai acara.

Baca juga: Bersiap Mudik, Ini Daftar Tarif Tol Trans Jawa Tahun 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com