Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kinerja Reksa Dana Pendapatan Tetap Paling Unggul di Kuartal I-2023

Kompas.com - 07/04/2023, 19:15 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja reksa dana pendapatan tetap tercatat unggul di kuartal 1 2023. Berdasarkan data Infovesta, kinerja reksa dana pendapatan tetap naik 1,35 persen selama kuartal I 2023.

Kinerja reksa dana pendapatan tetap di kuartal I 2023 ditopang oleh kinerja obligasi yang tercatat positif dibandingkan instrumen investasi lain.

Hal itu tercermin dari kinerja Infovesta Corporate Bond Index yang naik 0,88 persen pada kuartal I 2023 dan Infovesta Government Bond Index yang naik 1,58 persen di kuartal I 2023.

Baca juga: Menhub Rayu Operator Transportasi Beri Diskon Tiket Selama Lebaran 2023

Di posisi kedua, ada reksa dana pasar uang yang kinerjanya tercatat naik 0,93 persen pada kuartal I 2023. Lalu, disusul reksa dana campuran yang kinerjanya naik 0,47 persen pada periode yang sama.

Berbanding terbalik, reksa dana saham tercatat mengalami kinerja negatif di kuartal I 2023, yaitu -0,60 persen.

Investment Analyst Infovesta Kapital Advisori Fajar Dwi Alfian mengatakan, kinerja reksa dana pendapatan tetap disebabkan karena investor masih memandang obligasi sebagai aset instrumen safe have di tengah gejolak pasar pada kuartal I 2023.

Baca juga: Nestle Indonesia Buka Lowongan Kerja untuk D4-S1 Semua Jurusan, Cek Syaratnya

Selain itu, runtuhnya Silicon Valley Bank (SVB) di Amerika Serikat (AS) serta sejumlah bank lain juga membuat investor asing masuk cukup signifikan ke pasar surat berharga negara (SBN) domestik.

“Hal itu pun membuat penurunan yield obligasi dan mengangkat kinerja pasar SBN,” ujarnya kepada Kontan.co.id belum lama ini.

Terkait outlook kinerja reksa dana tahun 2023, Fajar melihat, reksadana pendapatan tetap masih menjadi primadona dan diprediksi mempertahankan kinerja yang baik di tahun ini.

“Tahun ini yang masih menarik adalah reksa dana pendapatan tetap, seiring dengan sentimen meredanya inflasi dan kenaikan suku bunga,” ungkapnya.

Baca juga: Jelang Mudik, Kemenhub Minta Maskapai Berikan Harga Tiket Pesawat Murah

Sementara, Fajar memaparkan, reksa dana saham di tahun 2023 sebenarnya masih cukup prospektif, meskipun volatilitasnya masih tinggi.

“Sentimen tahun politik juga akan membawa dampak positif ke pasar. Secara historis, asing juga cenderung masuk ke pasar saham dan SBN domestik di tahun-tahun politik,” paparnya. (Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Tendi Mahadi)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Reksadana Pendapatan Tetap Catat Kinerja Paling Mocer pada Awal Tahun"

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com