Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Ruas Tol Trans-Sumatera Gratis, Beroperasi Fungsional Saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 11/04/2023, 12:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) akan mengoperasikan tiga ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) secara fungsional selama periode mudik Lebaran 2023. Ketiga ruas tol itu dipastikan gratis.

Terdiri dari ruas tol Sigli-Banda Aceh seksi 5 dan 6 (Blang Bintang -Baitussalam) sepanjang 13 kilometer dengan 1 gerbang tol (GT). Lalu ruas tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 63,5 kilometer dengan 1 GT.

Serta ruas tol Binjai-Pangkalan Brandan seksi 2 (Stabat-Proklamasi) sepanjang 7,9 kilometer dengan 1 GT.

"Ada 3 ruas yang fungsional, khusus untuk menghadapi Lebaran ini, kurang lebih 85 kilometer," ujar EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahja Purnomo di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Senin (10/4/2023).

Baca juga: Hutama Karya Prediksi Lalu Lintas Tol Trans Sumatera Naik 35 Persen Saat Lebaran

Rencananya untuk ruas-ruas tersebut akan dioperasikan secara fungsional mulai 15 April hingga 30 April 2023.

Ia menuturkan, ketiga ruas tol itu beroperasi terbatas yakni dari pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB. Hal ini mengingat fasilitas di tol-tol tersebut belum lengkap sepenuhnya.

"Yang fungsional berlaku jam operasi, jam 7 pagi sampai jam 4 sore, berarti malam tidak (beroperasi), karena masih khawatir, belum ada penerangan dan sebagainya," kata dia.

Baca juga: Truk Besar Dilarang Melintas di Tol Trans Sumatera Per H-10 Lebaran

Sementara itu, dikutip dari akun Instagram resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) @pupr_bpjt, ketiga ruas tol itu dioperasikan fungsional untuk mendukung arus mudik Lebaran masyarakat di Pulau Sumatera, dan tidak dikenai biaya.

"Selama fungsional tanggal 15 sampai 30 April mendatang masih gratis dan pengendara harus mengikuti pengaturan lalu lintas selama melintasi tol tersebut ya," tulis @pupr_bpjt, dikutip pada Selasa (11/4/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com