Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPKH Adakan Program Balik ke Jakarta Gratis, Ini Kuota, Syarat, dan Cara Daftarnya

Kompas.com - 11/04/2023, 12:46 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar Program Balik Kerja Bareng BPKH 2023. Total ada 60 bus untuk 2.650 penumpang yang disediakan secara gratis dalam program ini.

Program Balik Kerja Bareng BPKH merupakan hasil kolaborasi dengan mitra kemaslahatan yaitu Baitul Maal Muamalat (BMM) dan Daarut Tauhid Peduli (DT Peduli).

Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah mengatakan, program tersebut merupakan inovasi terbaru dari program kemaslahatan yang termasuk dalam ruang lingkup sosial keagamaan.

Baca juga: 3 Ruas Tol Trans Sumatera Gratis, Beroperasi Fungsional Saat Mudik Lebaran

Program ini juga sebagai bentuk kepedulian BPKH kepada para pemudik yang hendak balik ke Jakarta. Sekaligus menjadi sarana syiar dan edukasi tentang BPKH dan dunia perhajian selama dalam perjalanan balik.

"Kami berupaya untuk memberikan pelayanan optimal dalam rangka untuk distribusi dari program kemaslahatan. Insya Allah dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat muslim Indonesia," kata dia dalam keterangan tertulis dikutip Selasa (11/4/2023).

Program balik kerja bareng BPKH 2023 ini memiliki tiga titik keberangkatan yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta pada tanggal 29 April dan 30 April 2023.

Ada 60 bus executive yang disediakan untuk mengangkut 2.650 orang, terdiri dari 1.450 orang di hari pertama dan 1.200 orang di hari kedua.

Bagi yang berminat untuk ikut program ini, maka dapat mendaftar secara online melalui laman http://bit.ly/BalikKerjaBPKH2023. Pendaftaran dibuka selama 10-20 April 2023.

Namun jika kuota sudah terpenuhi sebelum batas akhir pendaftaran maka pendaftaran bisa ditutup sewaktu-waktu.

Syarat dan pendaftaran

Berikut syarat dan ketentuan pendaftaran program Balik Kerja Bareng BPKH 2023:

  • Calon pemudik adalah seorang yang dapat menunjukkan kartu karyawan/karyawati/pekerja atau identitas lain yang dapat membuktikan memiliki pekerjaan atau usaha di Jabodetabek
  • Calon pemudik balik belum mendaftar di program mudik balik dari instansi manapun
  • Wajib mengisi data diri yang sebenar-benarnya dan sesuai dengan dokumen yang dilampirkan
  • Peserta mendaftarkan anggota keluarganya maksimal 3 orang (atau total jumlah dalam 1 formulir adalah 4 orang, balita terhitung 1 kursi)
  • Formulir wajib diisi oleh calon pemudik dan tidak dapat diwakilkan
  • Registrasi ulang dapat dilakukan di kantor perwakilan DT Peduli dan BMM di kota tempat keberangkatan arus balik
  • Pemudik balik balita atau anak wajib melampirkan Kartu Identitas Anak (KIA) atau akta kelahiran atau Kartu Keluarga (KK) yang tercantum nama pemudik balita
  • Calon pemudik balik dewasa sudah menjalani vaksin booster Covid-19

Penting dicatat, Program Balik Kerja Bareng BPKH bersifat gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Bila terjadi pemungutan biaya atau menemukan kasus segera lapor melalui nomor Whatsapp 0888-2298-820.

Adapun nantinya peserta yang ikut program ini akan akan mendapatkan kaos dan souvenir pada saat keberangkatan, serta snack dan makan 1 kali. Penumpang juga akan dilengkapi dengan asuransi perjalanan.

Baca juga: Perhatikan, Ini Rute dan Jadwal Contra Flow saat Arus Mudik Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com