Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendekati Lebaran, Bapanas Gencarkan Gerakan Pangan Murah

Kompas.com - 19/04/2023, 15:59 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) melakukan pemantauan stabilitas pangan di berbagai daerah.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, dari laporan yang diterimanya, ketersediaan pangan dan stok pangan nasional relatif aman.

Ia mengatakan, akan terus mengupayakan pemerataan logistik pangan antarwilayah.

"Fasilitasi distribusi pangan terus kami lakukan agar stok pangan terdistribusi merata di seluruh daerah," kata Arief dalam keterangan tertulis, Rabu (19/4/2023).

Baca juga: Bapanas: Bulog Tidak Libur Salurkan Bantuan hingga H-1 Lebaran

Arief mengatakan, kondisi dinamika harga pangan pada momentum Lebaran 2023 terpantau cukup stabil, tidak ada kenaikan harga pangan yang signifikan.

Kendati demikian, ia mengatakan, Bapanas bersama Dinas Pangan Daerah terus melakukan pemantauan dan monitoring harga pangan secara real time.

"Dinamika harga pangan terpantau stabil, hanya saja beras yang harganya belum turun, dan ini terus kita upayakan untuk menjaga harga di tingkat produsen, pelaku usaha, serta konsumen," ujarnya.

Baca juga: H-4 Lebaran, Bapanas Pastikan Pasokan dan Harga Pangan Stabil

Arief juga mengatakan, terkait fluktuasi harga pangan spesifik komoditas yang ada di sejumlah daerah, pihaknya sudah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, BUMN Pangan, serta pelaku usaha untuk menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPM) sebagai alternatif bagi masyarakat untuk berbelanja kebutuhan pangannya.

Ia juga mengatakan, Bapanas telah menyelenggarakan sebanyak 144 kali Gerakan Pasar Murah (GPM) di berbagai daerah.

"Selanjutnya jelang Idul Fitri 2023 masih akan dilaksanakan lebih dari 308 GPM di 115 kabupaten/kota. Dari sejumlah daerah pelaksana GPM tercatat pelaksanaan GPM terbanyak akan dilaksanakan oleh Kota Bandung 24 kali, Kota Pekanbaru 23 kali, dan Kota Bandar Lampung 19 kali," tuturnya.

Baca juga: Jurus Bapanas Kendalikan Inflasi Pangan Jelang dan Setelah Idul Fitri


Lebih lanjut, Arief mengatakan, dari kegiatan tersebut, komoditas pangan favorit yang paling banyak diburu masyarakat yaitu beras, minyak goreng, dan gula.

"Gerakan Pangan Murah di berbagai daerah terus kami gencarkan dengan harapan dapat menjaga fluktuasi harga pangan," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com