Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggalkan Dollar AS, ASEAN Perkuat Kerja Sama Pemanfaatan Mata Uang Lokal

Kompas.com - 03/05/2023, 17:15 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia sebagai ketua ASEAN tahun 2023 berencana untuk mendorong rencana perluasan pemakaian mata uang lokal di kawasan dalam gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN.

Kepala Pusat Kebijakan Regional & Bilateral Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Nella Sri Hendriyetty mengatakan, penguatan kerja sama itu dilakukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap mata uang asing, utamanya dollar AS.

"Memang gubernur bank sentral dan menteri keuangan sepakat untuk memperkuat penggunaan mata uang lokal di kawasan dan mengurangi keteragantungan kita terhadap mata uang internasional," tutur dia, dalam Forum Merdeka Barat 9, Rabu (3/5/2023).

Baca juga: Argentina Kini Tinggalkan Dollar AS, Beralih ke Yuan China

Nella menjelaskan penguatan pemanfaatan mata uang lokal akan dilakukan melalui kerja sama secara bilateral antar negara ASEAN yang disebut dengan local guarantee settlement.

"Kita mendorong negara-negara ASEAN utnuk memakan mata uang lokalnya dalam transaksi cross border," katanya.

Lewat kerangka kerja sama tersebut, Nella memastikan, ASEAN belum akan membentuk sebuah mata uang tunggal dalam kawasan, seperti hal nya yang dilakukan Uni Eropa dengan menggunakan euro.

Baca juga: Presiden Brasil Dukung BRICS Punya Mata Uang Sendiri, Ambisi Runtuhkan Dominasi Dollar AS


Salah satu pertimbangan utama ASEAN tidak menggunakan mata uang tunggal di dalam kawasan ialah tingginya ketimpangan pendapatan per kapita antar satu negara dengan lainnya.

"Dulu memang ada rencana membuat mata uang tunggal. Tapi kita belajar juga dengan apa yang terjadi di Uni Eropa, bagaimana untuk menggunakan mata uang masing-masing negara akan lebih mudah," tuturnya.

Pemanfaatan mata uang lokal negara ASEAN dinilai dapat memperkuat stabilitas mata uang masing-masing negara anggota, khususnya ketika terjadi volatilitas di pasar uang global.

Dalam rangka merealisasikan penguatan kerja sama local guarantee settlement, ASEAN akan membentuk gugus tugas untuk merumuskan proses transisi penggunaan mata uang lokal negara ASEAN dalam transaksi keuangan di kawasan.

"Diharpakan proses ini cukup efektif," ucap Nella.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com