Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tutup Satgas RAFI, Pertamina Catat Konsumsi Bensin Selama Arus Mudik-Balik Lebaran 2023 Turun Dibanding 2022

Kompas.com - 05/05/2023, 17:28 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Patra Niaga (PPN) resmi menutup Satgas RAFI yang bertugas menyalurkan energi sepanjang arus mudik-balik Lebaran 2023 pada Jumat, 5 Mei 2023.

Seperti diketahui, pada perjalanan mudik Lebaran 2023 ini, sebanyak 123 juta masyarakat diperkirakan melakukan perjalanan mudik dan sebagian besar merupakan perjalanan darat.

"Sebulan bertugas sepanjang Ramadhan-Lebaran 2023, Satgas RAFI 2023 resmi ditutup," ujar Direktur Pemasaran dan Regional PPN Mars Ega Legowo Putra melalui keterangannya, Jumat (5/5/2023).

Menurut Mars Ega, selama bertugas Satgas RAFI memiliki tantangan yang besar. Yakni, meningkatnya jumlah pemudik via jalur darat hingga 5,6 persen dibanding arus mudik-balik Lebaran 2022. Sehingga, konsumsi BBM terutama bensin juga naik 6,4 persen dibanding rerata konsumsi Maret 2023.

Baca juga: Harga BBM per 1 Mei 2023 di SPBU Pertamina, BP AKR, dan Shell

Namun jika dibandingkan konsumsi masa mudik-balik Lebaran 2022, konsumsi BBM sendiri turun.

"Hal ini dapat terjadi karena adanya pengaturan lalu lintas yang sangat baik sepanjang arus mudik dan balik 2023, sehingga waktu tempuh perjalanan menurun 14 persen sehingga ada penghematan penggunaan BBM,” jelas Mars Ega.

Penurunan juga terjadi untuk kebutuhan LPG dan Avtur sepanjang masa mudik-balik Lebaran 2023. Kebutuhan LPG turun 1 persen dibanding errata normal Maret 2023, sementara kebutuhan Avtur turun 0, persen dibanding rerata normal Maret 2023.

“Hal ini menunjukkan memang pergerakan mudik mayoritas menggunakan transportasi darat. Untuk Avtur memang turun jika dibandingkan konsumsi normal, tapi jika dibandingkan RAFI 2022, peningkatan konsumsi Avtur di Satgas RAFI 2023 meningkat signifikan mencapai 30 persen,” tambah Mars Ega.

Baca juga: Libur Lebaran 2023, Bos Pertamina: Tidak Ada Kelangkaan BBM di Jalur-jalur Mudik

Dia menambahkan, layanan Satgas RAFI 2023 tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan stakeholder lain seperti Jasa Marga, BPJT, Kepolisian, TNI, Kementerian ESDM, BPH Migas dan lainnya.

"Ada beberapa evaluasi yang bisa kita simpulkan bersama, dan harapannya evaluasi ini bisa menjadi modal Pertamina Patra Niaga agar layanan kebutuhan energi saat Satgas selanjutnya bisa makin baik,” pungkas Mars Ega.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com