Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Bandara Komodo di Labuan Bajo Siap Sambut Tamu KTT ASEAN 2023

Kompas.com - 07/05/2023, 20:10 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan Bandara Komodo siap menjadi tempat pendaratan pesawat delegasi peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023.

Hal itu ditegaskan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat mengecek langsung Bandara Komodo di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (6/5/2023).

"Beberapa hari lagi kita akan kedatangan banyak tamu dari ASEAN. Kalau dilihat persiapan kita sudah baik sekali. Bahkan warga (Labuan Bajo) juga turut menyambut gembira," kata Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (7/5/2023).

Baca juga: Bos PLN Pastikan Listrik di Semua Lokasi Penyelenggaraan KTT ASEAN Labuan Bajo Siap 100 Persen

Budi juga mengatakan, fasilitas di Bandara Komodo telah siap menerima dan melayani penerbangan VVIP maupun komersial.

Ia mengatakan, Bandara Komodo memiliki panjang runway 2.650 dan lebar 45 meter yang dapat melayani pesawat tipe A320 dan B738.

"Luas apron mencapai 31.000 m2 untuk 7 parking stand dengan rincian 4 pesawat narrow body dan 3 pesawat propeller. Bandara ini juga memiliki terminal penumpang seluas 13.366 m2," ujarnya.

Budi mengatakan, pihaknya juga menyiapkan bandara terdekat sebagai lokasi parkir pesawat para delegasi peserta KTT ASEAN, di antaranya yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar Bali, Lombok Praya, Sultan Hasanuddin di Makassar serta Bandara El Tari di Kupang.

"Sejumlah fasilitas pendukung lain juga telah disiapkan untuk mendukung kegiatan KTT ke-42 ASEAN 2023, meliputi fasilitas pemeriksaan Custom, Immigration and Quarantine (CIQ) dan fasilitas helipad untuk medical evacuation," tuturnya.

Baca juga: Jelang KTT ASEAN, Menhub Pastikan Kesiapan Transportasi di Labuan Bajo

Selain mengecek bandara, Menhub Budi juga mengecek fasilitas transportasi, seperti bus Hiace sebanyak 25 unit untuk melayani mobilitas para delegasi dan awak media.

Kemudian, Budi juga meninjau Kapal Motor (KM) Sinabung yang difungsikan sebagai hotel terapung pada 6 hingga 12 Mei 2023. Kapal ini telah bersandar di Dermaga Marina Labuan Bajo sejak Sabtu (6/5/2023).

Terakhir, Menhub meninjau kawasan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) di Golo Mori.

Adapun lokasi tersebut akan digunakan untuk side event KTT ASEAN 2023. Kawasan MICE di Golo Mori dikembangkan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Baca juga: KTT ASEAN, Kemenhub Siagakan 2 Kapal Patroli di Perairan Labuan Bajo

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com