Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka KTT ASEAN 2023, Jokowi Ingatkan Rivalitas Semakin Tajam

Kompas.com - 10/05/2023, 13:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan negara-negara ASEAN akan persaingan antarnegara yang semakin tajam.

Terlebih kondisi persaingan tajam ini terjadi di tengah perekonomian global yang sepenuhnya belum pulih dari pandemi Covid-19.

"Saat ini ekonomi global belum sepenuhnya pulih. Rivalitas semakin tajam. Dinamika dunia semakin tidak terprediksi," ujar Presiden Jokowi saat membuka KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5/2023).

Oleh karenanya, negara-negara di ASEAN tidak boleh hanya menjadi penonton. Mereka harus menjadi motor perdamaian dan pertumbuhan ekonomi. Kuncinya satu, kata Jokowi, ASEAN terus bersatu.

Baca juga: KTT ASEAN 2023, Menhub Jamin Transportasi Laut Berikan Pelayanan Maksimal

Pasalnya, ASEAN memiliki aset yang kuat sebagai pusat pertumbuhan. Hal ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang mampu tumbuh jauh di atas rerata dunia, bonus demografi, dan kestabilan kawasan yang terjaga.

"Dengan persatuan, ASEAN akan mampu menjadi pemain sentral dalam membawa perdamaian dan pertumbuhan," ucapnya.

Namun tidak hanya berhenti di situ, ke depannya ASEAN harus semakin memperkuat integrasi ekomominya, mempererat kerja sama inklusif termasuk implementasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), dan memperkokoh arsitektur kesehatan, pangan, energi, dan stabilitas keuangan.

"Mari bekerja keras menjadikan ASEAN Matters: Epicentrum of Growth," tuturnya.

Baca juga: KTT ASEAN Dinilai Bisa Dorong Kerja Sama Produksi Kendaraan Listrik dengan Negara Lain


Sebagai informasi, pada hari pertama KTT ke-42 ASEAN 2023, Rabu (10/5/2023), Presiden Jokowi akan memimpin lima rangkaian pertemuan. Pertemuan tersebut akan berlangsung di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Pertemuan yang dipimpin oleh Presiden Jokowi di antaranya adalah Pembukaan dan Sesi Pleno KTT ke-42 ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), dan Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV).

Lima rangkaian pertemuan KTT ASEAN itu, akan ditutup secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada waktu malam hari. Bertepatan dengan kegiatan Welcoming Dinner di Ayana Komodo Waecicu Beach.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com