Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemeriksaan Tiket Kereta Kini Cukup Melalui Pindai Wajah, Ini Cara Penggunaannya

Kompas.com - 18/05/2023, 15:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) kini telah menerapkan teknologi face recognition boarding gate di beberapa stasiun.

Fasilitas ini memudahkan penumpang saat pemeriksaan tiket. Sebab, penumpang yang melakukan keberangkatan melalui gerbang pindai wajah tidak perlu lagi menunjukkan KTP atau bukti print tiket, melainkan mereka hanya perlu memindai wajah saja.

Face recognition boarding gate merupakan fasilitas layanan boarding pada area pemeriksaan tiket yang dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang melalui pindai wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta milik penumpang yang ada pada sistem boarding KAI.

Saat ini fasilitas face recognition boarding gate sudah tersedia di Stasiun Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang, dan Stasiun Solo Balapan.

Baca juga: Minat Naik 5 KA Baru dari KAI? Mumpung Harga Tiketnya Masih Promo

Khusus untuk Stasiun Gambir, fasilitas pindai wajah ini baru diterapkan Rabu (17/5/2023) kemarin. Saat ini terdapat 4 pintu keberangkatan dengan teknologi face recognition di area Hall Selatan Stasiun Gambir.

Lalu bagaimana cara penggunaannya?

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, untuk dapat menggunakan fasilitas tersebut, penumpang cukup melakukan satu kali registrasi atau pendaftaran yang berlaku seterusnya termasuk saat berada di stasiun lain yang sudah memiliki fasilitas serupa.

Dia mencontohkan, di Stasiun Gambir proses registrasi dapat dilakukan pada mesin check in counter (CIC)  atau melalui petugas layanan khusus yang berada di area Hall Selatan.

"Proses registrasi tidak dapat diwakili, cukup membawa e-KTP proses registrasi dapat langsung dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada perangkat reader kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (17/5/2023).

Jika sudah melakukan registrasi, penumpang tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass. Penumpang dapat langsung menuju ke face recognition boarding gate jika waktu untuk boarding sudah dapat dilakukan.

Baca juga: Mulai 1 Juni 2023, KAI Tambah 3 Kereta Api Jarak Jauh Baru

"Arahkan wajah ke mesin pemindai dan jika data tiket, identitas, dan syarat lainnya sudah sesuai, maka gate akan otomatis terbuka," jelasnya.

Proses pemindaian wajah pelanggan dan proses verifikasi seluruh data yang tersimpan di sistem KAI sangat cepat, sehingga hal tersebut akan sangat mempermudah pelanggan dan memperlancar antrean saat proses boarding.

Lalu bagaimana jika penumpang tidak dapat melakukan registrasi karena tidak memiliki e-KTP? Seperti misalnya penumpang anak atau e-KTPnya dalam keadaan rusak?

Dia bilang, penumpang tidak perlu khawatir karena proses registrasi juga dapat dilakukan melalui petugas layanan yang tersedia. Selain itu KAI juga masih menyediakan layanan boarding manual di Stasiun Gambir.

Eva menuturkan, penerapan face recognition boarding gate diharapkan semakin mempermudah penumpang dalam melakukan perjalanan karena proses boarding akan jauh lebih cepat, praktis dan tidak memerlukan verifikasi berkas manual.

"Hal tersebut tentunya akan membuat pelanggan menjadi lebih nyaman dalam menikmati seluruh proses perjalanan menggunakan kereta api," kata Eva.

Baca juga: Mulai 1 Juni, KAI Bakal Percepat Waktu Tempuh 140 Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com