Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Jadi Merek Bank Terkuat di RI Versi Brand Finance

Kompas.com - 16/06/2023, 20:30 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menjadi brand perbankan terkuat di Indonesia berdasarkan versi Brand Finance. Dalam daftar Top 10 Strongest Indonesian Brands yang dirilis oleh Brand Finance pada laporan berjudul “Indonesia 100 2023”, BCA menduduki peringkat pertama dengan rating kekuatan brand AAA+.

Ini merupakan kali kelima BCA memperoleh pencapaian tersebut, atau sejak tahun 2019 hingga 2023. Adapun penilaian Brand Finance, BCA mampu mencatatkan pencapaian positif sepanjang 2022, dimana total kredit mampu tumbuh hingga 11,7 persen secara tahunan.

Hal ini juga didorong pemulihan di seluruh segmen pinjaman. Tak hanya itu, BCA secara rutin menggelar event-event di 2022, seperti BCA Expoversary, BCA UMKM Fest 2022, dan BCA Wealth Summit 2022.

Baca juga: Cara Beli Tiket Presale Konser Charlie Puth dengan BCA

“Hal ini berkontribusi positif bagi portofolio KPR yang melebihi angka Rp 108 triliun untuk pertama kalinya dalam sejarah perseroan,” tulis laporan tersebut dalam siaran pers, Jumat (16/6/2023).

Salah satu event BCA, yakni BCA Expoversary, dinilai menampilkan sejumlah produk dan promosi unggulan yang menarik ribuan pengunjung. Berbagai macam program suku bunga spesial ditawarkan, di mana salah satunya menawarkan suku bunga KPR berjenjang untuk nasabah yang ingin memiliki properti.

“Suku bunga ini dapat disesuaikan dengan karakteristik finansial nasabah yang beragam, sehingga membantu mereka memenuhi kebutuhan kepemilikan properti,” lanjut laporan tersebut.

Baca juga: Simak Cara Ganti Nomor HP m-Banking BCA lewat ATM dan Kantor Cabang

Brand Finance juga mengapresiasi upaya BCA dalam segmen Environmental, Social, and Governance (ESG), khususnya dalam peningkatan partisipasi aktif BCA dalam pembiayaan berkelanjutan dan pengelolaan limbah yang dihasilkan dari kegiatan operasional.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Brand Finance yang telah menobatkan BCA sebagai brand terkuat di Indonesia. Apresiasi ini tidak lepas dari kepercayaan segenap nasabah setia, dukungan dari pemerintah maupun regulator,” kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja.

“Apresiasi ini menjadi motivasi bagi kami untuk senantiasa meningkatkan kualitas layanan dan solusi perbankan bagi kebutuhan nasabah yang beragam,” lanjut dia.

Baca juga: Aplikasi Welma dari BCA Setop Beroperasi 1 Juli 2023, Apa Sebabnya?

Sebagai informasi, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) juga menerima apresiasi dari Brand Finance sebagai brand paling bernilai di Indonesia (Indonesia’s most valuable brand) dengan valuasi brand mencapai 4,3 miliar dollar AS.

Pencapaian BRI utamanya ditopang oleh peningkatan kinerja keuangan dari BRI sebagai brand paling bernilai di Indonesia. Sementara BCA sebagai brand terkuat, menunjukkan bahwa industri perbankan nasional mampu menunjukkan kinerja yang solid, termasuk berperan dalam mendorong pemulihan perekonomian domestik.

Baca juga: Simak Rincian Kurs Rupiah Hari Ini di BNI hingga BCA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com