Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirim Barang Ukuran Besar Bisa Pakai Gojek, Ongkir Mulai Rp 26.000

Kompas.com - 16/06/2023, 19:42 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk melalui layanan on demand-nya, Gojek, meluncurkan pengiriman barang berukuran besar melalui GoSend Car Instant dan GoBox Van.

Head of Global Marketing Logistik Gojek Theresia Nadya mengatakan, sekarang layanan GoSend Car Instant dapat diakses di aplikasi Gojek, setelah sebelumnya hanya tersedia di platform Tokopedia.

Sejak pertengahan 2022, GoSend Car Instant bersama Tokopedia telah digunakan para UMKM lokal di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Bali melakukan pengiriman paket berukuran besar.

Baca juga: Tingkatkan Inklusi Keuangan Pengemudi, Ini yang Dilakukan Gojek

"Melihat antusias pengguna terhadap layanan GoSend Car Instant di Tokopedia, kami melihat adanya kebutuhan dari pelanggan dan juga pelaku UMKM mandiri untuk layanan pengiriman cepat dengan armada roda empat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (16/6/2023).

Adapun layanan GoSend Car Instant di aplikasi Gojek, dapat dipesan tanpa ada batas minimal dimensi barang ataupun berat sehingga bisa digunakan untuk pengiriman barang pecah belah atau rapuh, seperti kue ulang tahun atau untuk pengiriman barang besar seperti kulkas mini.

Layanan GoSend Car Instant dikhususkan untuk paket yang memiliki berat 20,01 kg hingga 150 kg. Jadi kapasitas kendaraan yang digunakan kurir sesuai dengan ukuran paket dan proses pengiriman barang lebih aman.

Baca juga: GOTO Bakal Rilis Aplikasi GoPay Terpisah dari Gojek

Selain itu, Gojek juga memperkenalkan GoBox Van, salah satu layanan dari GoBox yang menawarkan harga paling ekonomis dengan variasi kendaraan baru yang dapat mengakomodasi pengiriman paket lebih banyak.

"Kami menambah jenis kendaraan untuk GoBox, yaitu tipe kendaraan Van yang bisa membawa paket besar dan jumlah lebih banyak dengan aman dan tertutup. GoBox Van juga hadir dengan harga paling ekonomis untuk layanan GoBox," ucapnya.

Tipe armada baru GoBox Van akan melengkapi pilihan layanan pengiriman dari GoBox yang sudah ada, yaitu GoBox Pick Up Bak dan Pick Up Box untuk pengiriman hingga 1.000 kg, serta Engkel Bak untuk pengiriman hingga 2.000 kg.

Baca juga: Cara Beli Tiket KRL Solo-Yogyakarta di Aplikasi Gojek

Dengan hadirnya dua layanan ini, diharapkan tidak hanya melengkapi opsi pilihan armada dengan harga yang sesuai untuk kebutuhan pengguna, namun memberikan opsi pendapatan tambahan dan peluang peningkatan pesanan bagi mitra driver.

Dia mengungkapkan, pengguna bisa menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan dari dimensi paket dan mendapatkan proteksi yang disesuaikan dengan nominal harga barang.

Tarif GoSend Car Instant dimulai dari Rp 26.000 dengan perlindungan tanpa biaya sebesar Rp 1 juta dan nominal maksimum untuk proteksi tambahan hingga sebesar Rp 25 juta.

Baca juga: Pertahankan Kualitas Layanan, Gojek Gelar Bengkel Belajar Mitra

Sementara untuk tarif GoBox Van dimulai dari Rp 100.000 dengan perlindungan tanpa biaya sebesar Rp 10 juta dan nominal maksimum untuk proteksi tambahan hingga sebesar Rp 1 miliar.

GoSend Car Instant dan GoBox Van dapat dipesan dari aplikasi Gojek versi 4.76. Layanan GoSend Car Instant saat ini tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan Bali.

Sementara GoBox Van akan hadir di akhir bulan Juni ini untuk area Jabodetabek. Pengguna dapat menggunakan kode BOXDISKON untuk potongan ongkir sampai dengan Rp 100.000 untuk semua layanan GoBox di area Jabodetabek.

Baca juga: Hasil Riset: Industri Transportasi dan Logistik Online Terus Tumbuh, Gojek Paling Diminati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com