Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Bocoran Tarif Kereta Cepat, Dekati Rp 300.000 | OJK Perintahkan Kerugian Nasabah Kresna Life Diganti

Kompas.com - 25/06/2023, 07:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

1. Ridwan Kamil Bocorkan Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Mendekati Rp 300.000

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membocorkan tarif kereta cepat Jakarta-Bandung saat beroperasi komersil yakni sedikit di bawah Rp 300.000.

Sementara beberapa waktu lalu operator KCJB, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memastikan tarif kereta cepat Jakarta Bandung bakal beda tipis dari tarif KA Argo Parahyangan yang berkisar Rp 150.000-250.000.

"Setelah (uji coba) mendekati di angka Rp 300.000-an lah ya," ujarnya saat ditemui di Djakarta Theater, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Namun sebelum berbayar, dia memastikan tarif kereta cepat Jakarta-Bandung bakal digratiskan untuk masyarakat selama masa uji coba terbatas. Adapun uji coba terbatas KCJB ini dijadwalkan akan dimulai 18 Agustus mendatang sampai Oktober 2023.

Selengkapnya klik di sini

2. Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan ke Surabaya, Pemerintah Gandeng China Lagi?

Pemerintah berencana melanjutkan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) hingga ke Surabaya, Jawa Timur.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membuka peluang bagi negara manapun untuk bekerja sama membangun kereta cepat hingga ke Surabaya.

"Ya nanti (negara) mana saja," ujarnya saat ditemui di Djakarta Theater, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Namun Luhut mengisyaratkan, kemungkinan pemerintah akan menggandeng China lagi untuk menggarap proyek kereta cepat ini seperti yang dilakukan pada proyek KCJB. Pasalnya, Negeri Tirai Bambu ini dinilai sebagai negara yang memiliki kemampuan paling baik dibandingkan negara lain dalam membuat kereta cepat.

"Tapi kalau kita lihat sekarang kan yang paling banyak memproduksi kereta api cepat di dunia kan Tiongkok 40.000 kilometer," ungkapnya.

Selengkapnya klik di sini

3. Naik Kereta Cepat Gratis Mulai 18 Agustus 2023, Skema Pemesanan Tiket Masih Digodok

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut tarif kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan digratiskan selama masa uji coba terbatas hingga dioperasikan komersial Oktober 2023.

Adapun rencananya uji coba terbatas KCJB akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2023 dengan masyarakat diperbolehkan menjajal kereta cepat ini dari Stasiun Halim, Jakarta sampai Stasiun Padalarang, Bandung.

"Gratis untuk beberapa bulan, mungkin 1,5 bulan atau 2 bulan," ujarnya saat ditemui di Djakarta Theater, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Sementara untuk skema pemesanan tiket uji coba KCJB ini, kata Luhut, masih terus digodok oleh pemerintah dan para pemangku kepentingan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com