Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Beli Tiket Damri ke Bandara Soekarno-Hatta via Damri Apps

Kompas.com - 27/06/2023, 20:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah lama tersedia, namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara beli tiket Damri secara online via aplikasi Damri Apps.

Kompas.com pada akhir pekan lalu mencoba untuk menjajal beli tiket Damri via aplikasi saat hendak menuju Bandara Soekarno-Hatta. Kompas.com membeli tiket Damri via aplikasi pada Sabtu (24/6/2023) untuk perjalanan Minggu (25/6/2023).

Selama menggunakan aplikasi ini, rupanya ditemukan beberapa kemudahan dan kekurangan dibandingkan membeli tiket secara langsung di loket terminal.

Sebelum membahas kemudahan dan kekurangan dari membeli tiket Damri secara online melalui Damri Apps, simak dulu tata cara beli tiketnya.

Baca juga: Jadwal dan Tarif Damri Rute Mega City Bekasi - Bandara Soekarno-Hatta

Cara Beli Tiket Damri lewat Aplikasi Damri Apps

Sebelum membeli tiket melalui aplikasi, Kompas.com mengunduh dan menginstal aplikasi Damri Apps di smartphone lalu membuat akun.

Setelah akun Damri Apps siap digunakan, barulah cara beli tiket Damri secara online via aplikasi Damri Apps bisa dimulai.

Berikut cara beli tiket Damri secara online via aplikais Damri Apps:

  1. Pada halaman Beranda Damri Apps, pilih Bus Bandara atau Bus Antar Kota. Karena saat itu tujuannya ingin ke Bandara Soekarno-Hatta, maka Kompas.com memilih Bus Bandara.
  2. Pilih Asal dan Tujuan. Misalnya Asal Stasiun Gambir dan Tujuan Soekarno Hatta International Airport.
  3. Lalu pilih Tanggal keberangkatan.
  4. Pilih jumlah penumpang.
  5. Tap tombol Cari Tiket.
  6. Pada halaman Pilih Rute, pastikan kembali asal dan tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang sudah benar. Jika salah, klik Ubah Pencarian.
  7. Pada halaman Jadwal Tersedia, tertera informasi jam operasional bus Damri yang dipilih dan tarif tiket yang harus dibayar per orang. Tap tanda panah berwarna kuning di samping keterangan tarif per orang.
  8. Setelah itu, aplikasi akan menampilkan halaman Data Penumpang. Isi jenis kelamin, nama, nomor telepon, dan nomor induk kependudukan (NIK) penumpang. Lalu klik tombol Lanjutkan.
  9. Pada halaman Pemesanan, cek kembali rincian keberangkatan yang telah dipilih.
  10. Jika Detail Pemesanan sudah benar, klik Pilih Metode Pembayaran. Adapun saat ini metode pembayaran yang tersedia berupa Gopay, BNI virtual account, BRI virtual account, Permata virtual account, dan Mandiri virtual account. Jika sudah memilih, klik Bayar.
  11. Selesaikan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang sudah dipilih sebelum tenggat waktu pembayaran.
  12. Jika sudah melakukan pembayaran, cek menu Aktifitas di Damri Apps. Pilih perjalanan yang sudah dibayar lalu klik Tampilkan Tiket.
  13. Pada halaman Tiket, tertera barcode tiket untuk dipindai di loket terminal bus Damri.
  14. Setelah barcode tiket dipindai, penumpang akan mendapatkan tiket fisik untuk nantinya diberikan ke sopir bus sebagai tanda bukti.

Setelah mengetahui cara beli tiket Damri secara online via aplikasi Damri Apps, apa saja kelebihan dan kekurangannya dibandingkan beli tiket bus Damri di loket terminal?

Kelebihan dan Kekurangan Damri Apps

Baca juga: Simak Cara Beli Tiket Bus DAMRI lewat Aplikasi Traveloka

Berikut kekurangan dan kelebihan beli tiket bus Damri Bandara Soekarno Hatta berdasarkan pengalaman Kompas.com:

Kelebihan

1. Memudahkan merencanakan perjalanan

Beli tiket Damri melalui aplikasi Damri Apps tentu memudahkan penumpang merencanakan perjalanannya.

Misalnya, saat itu Kompas.com mendapatkan jadwal penerbangan pukul 05.00 WIB sehingga harus merencanakan perjalanan menuju bandara dengan cermat agar tidak tertinggal.

Agar tidak terlalu mepet dengan waktu boarding, maka setidaknya harus sudah sampai bandara pukul 04.00 WIB.

Ketika Kompas.com mengecek jadwal operasional bus Damri rute Bandara, rupanya keberangkatan pertama dimulai pukul 03.00-20.00 WIB, sehingga dengan estimasi waktu perjalanan skitar 1 jam maka waktu keberangkatan ini sesuai dengan rencana yakni sampai di bandara pukul 04.00 WIB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com