Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Pelabuhan Terkenal di Surabaya Apa Saja?

Kompas.com - 30/06/2023, 18:43 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelabuhan terkenal di Surabaya tentu saja adalah Tanjung Perak. Nama pelabuhan di Surabaya ini sudah ada sejak era Kolonial Belanda.

Secara administratif, pelabuhan di Surabaya bernama Perak ini masuk wilayah Kecamatan Pabean Cantian. Pelabuhan Perak juga merupakan yang tersibuk kedua setelah Tanjung Priok.

Mengutip laman resmi PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, Pelabuhan Tanjung Perak adalah pusat perdagangan di Indonesia Timur.

Pelabuhan ini juga merupakan pintu masuk untuk kapal-kapal yang menuju ke Sulawesi, Kalimantan bagian Timur, Maluku, hingga Papua.

Baca juga: Pelabuhan Tanjung Perak, Perak Barat Kota Surabaya Jawa Timur

Sebelumnya, Perak juga merupakan kantor pusat PT Pelindo III, kini perusahaan tersebut sudah dilebur ke holding BUMN Pelindo.

Selain Tanjung Perak, pelabuhan yang terletak di Kota Surabaya adalah Pelabuhan Ujung. Lokasi ini merupakan tempat berlabuhnya kapal-kapal yang menuju atau dari Pulau Madura, tempatnya Pelabuhan Kamal, Bangkalan.

Untuk terminal penumpang disebut dengan Gapura Surya Nusantara. Di mana penumpang yang menuju ke kawasan Timur Indonesia bisa ditampung di terminal ini.

Kemudian pada tahun 2015, Pelabuhan Tanjung Perak juga dibantu oleh Pelabuhan Teluk Lamong, sehingga kepadatan kapal di sini bisa terurai.

Baca juga: Gaji UMR Surabaya 2023, Masih Tertinggi di Jatim

Yang menarik dan jarang dimiliki pelabuhan di Indonesia, Pelabuhan Perak memiliki fasilitas khusus untuk sandar kapal pesiar bernama Nort Quay.

Jadi kesimpulannya, pelabuhan yang terletak di Kota Surabaya adalah Pelabuhan Pelabuhan Lamong, kedua pelabuhan terkenal di Surabaya tentu saja adalah Tanjung Perak.

Pelabuhan terkenal di Surabaya yang pertama adalah Tanjung Perak. Berikutnya nama pelabuhan di Surabaya adalah Teluk Ujung. Semen pelabuhan di Surabaya bernama Teluk Lamong tidaklah benar, karena pelabuhan ini masuk wilayah Gresik.Dok. Terminal Teluk Lamong Pelabuhan terkenal di Surabaya yang pertama adalah Tanjung Perak. Berikutnya nama pelabuhan di Surabaya adalah Teluk Ujung. Semen pelabuhan di Surabaya bernama Teluk Lamong tidaklah benar, karena pelabuhan ini masuk wilayah Gresik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com