Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Dana QRIS Masuk Lewat Aplikasi

Kompas.com - 03/07/2023, 08:39 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak resmi digunakan sebagai fasilitas pembayaran nasional, UMKM dan bisnis lainnya yang bergabung menggunakan QRIS kian pesat. Saat ini, pengguna QRIS tercatat 15,7 juta pengguna.

QRIS adalah standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

Dengan teknologi kode QR tersebut uang yang dikirimankan pembeli akan diterima oleh penjual dengan mudah. Lantas, bagaimana cara mengecek uang tersebut masuk melalui aplikasi QRIS?

Baca juga: Relaksasi MDR QRIS Nol Persen Berakhir, Pelaku UMKM Siap-siap

Dilansir dari laman resmi interactive QRIS, Senin (3/7/2023), pengecekan transaksi QRIS masuk sampai fitur settlement ke rekening anda yang didaftarkan saat registrasi dapat dilihat melalui aplikasi QRIS.

Berikut ini mengecek transkasi lewat aplikasi QRIS:

Mendapatkan notifikasi transaksi QRIS

Pastikan anda sudah melalukan registrasi di QRIS, setelah berhasil registrasi secara otomatis akan mendapatkan akun QRIS, dan akun tersebut bisa digunakan untuk login di Aplikasi QRIS.

Dengan mengunduh aplikasi QRIS, anda akan selalu mendapatkan notifikasi transaksi masuk dari InterActive QRIS di hp Android anda.

Cek histori transaksi

Aplikasi QRIS memberikan kemudahan bagi merchant dengan dapat melihat transaksi yang masuk secara realtime. Data transaksi bisa diunduh dalam format pdf/xls.

Cek histori settlement

Aplikasi QRIS dilengkapi fitur cek history settlemet atau history pencarian dana sehingga memudahkan anda untuk melihat Settlement dari periode tertentu

Melalui fitur tersebut, anda bisa melihat secara detail Settlement QRIS dari jumlah bill, total transkasi, MDR sampai ke total uang bersih yang diterima. Data transaksi bisa diunduh dalam format pdf/xls.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Bayar Pakai QRIS BCA Terbaru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com