Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Targetkan QRIS Bisa Digunakan di Singapura pada Kuartal IV-2023

Kompas.com - 09/05/2023, 05:10 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) berencana meluncurkan secara resmi penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Singapura pada kuartal IV-2023.

Pengembangan implementasi QRIS di Singapura disebut sudah lebih dekat dan regulator terus mendorong inisiasi tersebut dapat segera terwujud.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Dicky Kartikoyono mengatakan, pihaknya terus mendorong implementasi rencana yang telah digodog sejak pertengahan tahun 2022 tersebut.

Baca juga: Transaksi QRIS Berlaku di Malaysia per Hari Ini

"Rencananya kalau sesuai dengan blueprint kami itu kemungkinan di Q4 2023 bisa live dengan Singapura. Sudah ada pembicaraan yang cukup advance," ujar dia dalam taklimat media, Senin (8/5/2023).

Sementara itu, untuk pengembangan kerja sama QRIS di Filipina, Dicky menyebut, pihaknya sedang menunggu kesiapan yang ada di negara tersebut.

Pihaknya sendiri akan berusaha menyesuaikan dengen dinamika yang dihadapi oleh Filipina.

"Kita memang melihat bagaimana kesiapan dari kedua belah pihak," imbuh dia.

Baca juga: Deputi Gubernur BI Terpilih Janji QRIS Bisa Dipakai di Arab Saudi

Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) sendiri telah memulai inisiasi kerja sama pembayaran berbasis kode QR lintas negara (cross-border QR payment linkage) sejak Agustus 2022.

Kerja sama sistem pembayaran ini merupakan upaya mendorong konektivitas pembayaran di kawasan ASEAN.

Sebagai informasi, pada hari ini, Senin (8/3/2023) Bank Indonesia baru saja mengumumkan kalau QRIS sudah bisa digunakan di Malaysia.

Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Malaysia meresmikan implementasi interkoneksi pembayaran antara Indonesia dengan Malaysia menggunakan QR Code, setelah fase uji coba yang dilakukan sejak 27 Januari lalu.

Baca juga: Masyarakat Indonesia Bakal Bisa Transaksi Belanja di Jepang Pakai QRIS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com