Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN Investment Challenge 2023 Digelar di 4 Negara

Kompas.com - 04/07/2023, 19:05 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia bakal menggelar ASEAN Investment Challenge 2023 dengan mengusung tema “Level Up Your Game” di 4 Negara (MIST) yaitu di Malaysia, Indonesia, Singapura dan Thailand.

Acara ini didukung oleh masing-masing bursa di negara tersebut. Di Indonesia, Bursa Efek Indonesia (BEI) memberikan dukungan secara penuh akan terselenggaranya ASEAN Investment Challenge 2023 kali ini beserta dengan lebih dari 70 universitas di Indonesia dari 18 provinsi yang berpartisipasi dan nantinya akan berkompetisi.

ASEAN Investment Challenge akan berlangsung hingga Januari 2024, di mana pemenang regional secara keseluruhan akan diumumkan.

Baca juga: Wall Street Hijau, Saham Tesla Melonjak 6,9 Persen

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Irvan Susandy mengatakan, kompetisi ini rutin diadakan dan sangat menarik karena tahun ini mempertimbangkan adanya unsur Environmental, Social & Governance (ESG) sebagai suatu penilaian dalam proses kompetisi.

“ASEAN Investment Challenge 2023 ini juga turut memperkenalkan saham berbasis ESG yang menjadi kriteria penilaian dalam investment challenge tersebut dan memberikan perjalanan edukasi yang komprehensif tentang investasi saham kepada anak muda,” kata Irvan di Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Dia menyebut, kesadaran masyarakat perlu terus ditingkatkan terkait aspek ESG, sehingga investor juga akan aware dalam proses pemilihan saham dengan mempertimbangkan faktor ESG dari emiten atau perusahaan tercatat di bursa.

Baca juga: Simak Rekomendasi Saham di Sektor Energy, Ada HRUM, MEDC, dan BRPT

“Kami berharap, invertor muda dapat meningkatkan pengetahuannya, ESG dari emiten atau perus tercatat di bursa. Semoga kompetisi ini membawa manfaat, dan kita berharap investor muda kita akan meningkat, dan menyadarkan bahwa investasi ini menumbuhkan pengetahunan dan tidak hanya ikut-ikutan, dan diharapkan investor muda terus belajar dan meningkatkan kemampuannya,” kata .

President Director of PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia Lim Kim Siah mengatakan, sebagai perusahaan sekuritas pihaknya juga mengemban tanggung jawab untuk memberikan edukasi dan literasi terhadap generasi muda langsung dari sumbernya.

Dengan demikian, pengetahuan yang didapatkan bisa langsung diterapkan oleh para investor muda dalam mengejar impian masa depannya melalui investasi berbasis ESG seiring dengan bertumbuhnya para investor muda.

Baca juga: Jadwal Pembagian Dividen Indo-Rama Synthetics Rp 240 per Saham

“Kami akan mendukung pasar modal di Indonesia dalam menghasilkan para investor muda yang menjadikan investasi sebagai gaya hidup sehingga tujuan akhir untuk meningkatkan jumlah investor pasar modal di Indonesia yang saat ini masih kurang dari 2 persen dari rasio penduduk dapat terwujud di masa depan,” ungkap Lim Kim Siah.

Dia menambahkan, hal ini juga sejalan dengan literasi keuangan sebagai pilar utama upaya ESG CGS-CIMB dengan komitmen terhadap pendidikan sebagai salah satu dari “United Nations Sustainable Development Goals” yang diadopsi secara luas, untuk memberdayakan kaum muda membuat keputusan investasi yang berdampak untuk masa depan yang berkelanjutan.

"Ajang ini kami harapkan dapat mendorong lahirnya talenta terbaik di Indonesia dalam hal investasi, dan siap membangun pasar modal Indonesia. Saya harap kompetisi ini memberikan pengetahuan lebih bagi partisipan, dan bisa dibagikan di univesitas dan juga instansi,” tambah dia.

Baca juga: Cara Buka Rekening Saham dengan Mudah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com