Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat Industri Digital Kemenperin Dibuka untuk Umum, Catat Jadwal Kunjungannya

Kompas.com - 08/07/2023, 21:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pusat Industri Digital 4.0 (PIDI 4.0) yang merupakan lembaga di bawah naungan Kementerian Perindustrian, kini dapat dikunjungi oleh masyarakat umum.

Dibukanya PIDI 4.0 untuk masyarakat bertujuan agar bisa mengenal teknologi industri 4.0, sehingga bisa lebih siap dalam menghadapi era tersebut.

"Tantangan ke depan tidak hanya cukup dengan menghasilkan SDM yang kompeten saja, namun SDM yang sudah tidak gagap dengan transformasi teknologi 4.0. PIDI 4.0 dapat menjadi jembatan untuk mengakselerasi transformasi tersebut," ujar Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/7/2023).

Gedung PIDI 4.0 yang berlokasi di Jalan Raya Kebayoran Lama No.41, Kebon Jeruk, Jakarta Barat tersebut dibuka pada hari kerja (Senin-Jumat) pukul 09.00 - 16.00 WIB.

Baca juga: PIDI 4.0 Dorong Pengembangan AI dalam Ekosistem Industri

Sebelum melakukan kunjungan, calon pengunjung diharapkan untuk menghubungi kanal resmi PIDI 4.0, baik melalui telepon maupun e-mail. PIDI 4.0 memiliki pusat pertunjukan yang menunjukkan miniatur penerapan teknologi 4.0 industri.

PIDI 4.0 telah bekerja sama dengan Toyota Indonesia dalam menyediakan showcase miniatur pabrik otomotif, dari order customization, design, produksi, hingga monitoring.

PIDI 4.0 juga bekerja sama dengan Indolakto dalam prototype UHT dan mesin es krim. Di sana, bisa melihat proses pembuatan susu UHT dan es krim dengan memanfaatkan teknologi industri 4.0 sehingga lebih efektif dan efisien.

Baca juga: Kemenperin Sebut Ekspansi Masif IKI pada Juni 2023 Didorong 21 Subsektor Industri


PIDI 4.0 merupakan bagian dari salah satu program prioritas nasional, yakni Making Indonesia 4.0 yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2018.

Melalui Making Indonesia 4.0, Indonesia berpotensi menjadi negara di 10 ekonomi teratas dunia pada tahun 2030.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com