Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Sederhana, Intip Harga "Outfit" Orang Terkaya Ke-23 RI Toto Sugiri

Kompas.com - 09/07/2023, 10:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak sedikit orang yang menggunakan barang-barang bermerek agar bisa di cap sebagai orang kaya. Tapi, hal itu kerap berbeda dengan orang yang sangat kaya. Brand dan harga bukanlah yang utama dalam pemampilan, tapi kenyamanan dan fungsional.

Ditemui di kantornya di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD) Jakarta Selatan, orang kaya ke-23 RI versi Majalah Forbes, Otto Toto Sugiri hanya mengenakan pakaian sederhana. Dengan ramah ia menyambut kedatangan Kompas.com untuk berbincang di kantornya.

Outfit saya cuma modal celana jeans, t-shirt yang harganya sekitar Rp 500.000. Kenapa harus mahal, kan yang pening outfit itu nyaman. Saya lebih nyaman pakai katun, celana jeans lebih nyaman daripada celana bahan, bisa duduk di mana saja, dan enggak lecek,” kata Toto kepada Kompas.com, Rabu (5/7/2023).

Baca juga: Cerita Orang Terkaya Ke-23 RI Toto Sugiri dan Buku Saktinya

Otto Toto SugiriKompas.com / Kiki Safitri Otto Toto Sugiri

Jika dirinci, harga t-shirt buatan Singapura yang digunakan Toto hari itu seharga 40-50 dollar Singapura (Kurs Rp 11.231 per dollar SGD). Sementara itu, untuk celana jeans, bermerek Levi’s dengan harga sekitar 54 dollar Canada atau sekitar Rp 615.000 (kurs Rp 11.401 per dollar Canada).

Sementara itu, kaca mata Toto seharga Rp 250.000 termasuk dengan frame. Sedangkan sepatu, Toto memilih membeli di Indonesia dengan merek Skechers seharga Rp 500.000 – Rp 600.000-an. Ikat pinggang yang Toto gunakan merek Armani yang ia peroleh sebagai hadiah dari adiknya.

Ikat pinggang itu sudah berusia sekitar 30-40 tahunan, artinya belt tersebut dibeli pada 1983-1993 saat kurs dollar AS di sekitar Rp 1.000 – Rp 2.000. Tapi jika dilihat dari situs resmi Armani, Reversible Belt merek Armani dibandrol seharga 440 dollar AS atau Rp 6,6 juta (kurs Rp 15.161 per dollar AS).

Baca juga: Kisah Sukses Toto Sugiri, Orang Terkaya Ke-23 di RI yang Sempat Jadi Sopir Taksi

“Mudah-mudahan itu bisa di tiru ya, bergaya hidup sederhana. Jeans Levis’s itu saya beli murah, enggak nyampai harga Rp 1 juta, kaosnya juga beli di Singapura, enak dipakainya. T-shirt ini paling mahal, karena biasanya saya beli 6 kaos di Singapura hanya 12 dollar SDG. Sepatu, saya beli di Jakarta mereknya Skecheers,” jelas dia.

Toto mengatakan, dirinya juga menggunakan barang-barang sehari-hari sesuai dengan kebutuhan, fungsi dan kenyamanan. Dia menggunakan telepon selular merek Samsung Seri S, dan kendaraan menggunakan Alphard.

Pendiri Sigma Cipta Caraka, Indointernet, dan DCI Indonesia itu juga enggan menggunakan jam tangan, karena fungsi tersebut sudah ada di ponsel.

Baca juga: Rahasia Sukses Toto Sugiri Jadi Orang Terkaya Ke-23 RI: Jauhi Utang dan Jangan Meminta-minta

Untuk gaya atau arsitektur rumah, Toto tidak mementingkan tampak muka murah. Menurut dia, hal terpenting dalam sebuah bangunan rumah, adalah inside the house yang mana orang-orang yang tinggal tentu menghabiskan waktu lebih lama di dalam rumah, bukan di halaman rumah.

“Ngapain bikin bagus depan rumah. Rumah saya enggak ada mukanya, tembok saja, dan garasi. Tapi, saat masuk ke dalamnya ada suasana nyaman, ada taman bernuansa hijau, dan swimming pool, you have to spend your money for inside the house,” ungkap Toto.

Baca juga: 10 Orang Terkaya di Indonesia, Hartono Bersaudara Posisi Teratas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com