Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Pelabuhan Ulee Lheue Sabang, Tiket, dan Jadwal Kapalnya

Kompas.com - 09/07/2023, 10:04 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelabuhan Ulee Lheue tentu sudah tak asing lagi bagi warga Aceh, terutama Kota Banda Aceh. Pelabuhan ini merupakan askses utama warga dari ibu kota provinsi tersebut untuk menyeberang ke Pulau Sabang atau sebaliknya.

Mengutip laman resmi Dinas Perhubungan Aceh, di masa lalu, pelabuhan yang berlokasi di ujung Pulau Sumatera ini memainkan peran penting Kesultanan Aceh, terutama sebagai titik pemberangkatan armada dagang ke luar negeri.

Pelabuhan Ulee Lheue ini hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Banda Aceh. Saat ini, Pelabuhan Banda Aceh lebih banyak dijadikan sebagai akses bagi wisatawan yang ingin menuju ke Sabang.

Pelabuhan Ulee Lheue menjadi satu-satunya sarana angkutan laut yang melayani penumpang dan barang dari Banda Aceh ke Sabang, juga ke Pulo Aceh, sebuah kecamatan kepulauan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar.

Baca juga: 20 Nama Pelabuhan di Provinsi Lampung Adalah

Di Pelabuhan Ulee Lheue tersedia beberapa sarana kapal feri Ro-Ro (Roll On-Roll Off) serta kapal cepat yang melayani penumpang dan barang ke Sabang, serta satu kapal feri ro-ro ke Pulo Aceh.

Pelabuhan Ulee Lheu saat ini memiliki areal seluas lebih kurang 8 hektare, mencakup fasilitas terminal penumpang sebagai bangunan utama, lahan parkir, dermaga kapal cepat, dermaga kapal lambat, kolam pelabuhan, dan lain-lain.

Jadwal Kapal Pelabuhan Ulee Lheue

Jadwal kapal pelabuhan Ulee Lheue ke Sabang bisa dibilang tidak terlalu banyak, kebanyakan beroperasi dari pagi hingga sore hari. Sementara saat malam hari, jumlah kapalnya bisa sudah tidak ada, kecuali untuk kapal charter.

Untuk saat ini, setidaknya dua kapal ferry, biasa disebut orang Aceh sebagai kapal lambat, yang melayani pelayaran yaitu KMP BRR serta KMP Aceh Hebat 2.

Baca juga: Info Pelabuhan Pare Pare, Tiket, dan Jadwal Kapalnya

Kedua kapal ferry ini dioperasikan oleh PT ASDP (Persero), BUMN yang menyediakan layanan angkutan penyeberangan antar-pulau di Indonesia.

Sebagai kapal ferry, tentunya kedua kapal ini juga melayani penyeberangan untuk penumpang yang membawa kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Jadwal kapal pelabuhan Ulee Lheue ke Sabang

Berikut ini jadwal kapal pelabuhan Ulee Lheue ke Sabang:

1. Hari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis

  • Pukul 08.00 WIB: KMP Aceh Hebat 2
  • Pukul 12.00 WIB: KMP BRR
  • Pukul 16.00 WIB: KMP Aceh Hebat 2

2. Hari Jumat

  • Pukul 07.30 WIB: KMP BRR
  • Pukul 10.30 WIB: KMP Aceh Hebat 2
  • Pukul 16.00 WIB: KMP BRR

3. Hari Sabtu

  • Pukul 13.30 WIB: KMP Aceh Hebat 2

4. Hari Minggu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com