Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Disentil" Mendag soal Volume Dagang RI-Korsel, Dubes Korsel: Samsung Investasi Besar di Vietnam

Kompas.com - 11/07/2023, 15:30 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Lee Sang Deok mengatakan, kinerja perdagangan antara Korea Selatan dan Vietnam berbeda dengan perdagangan antara Korea Selatan (Korsel) dan Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Lee Sang Deok menanggapi pernyataan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan soal nilai perdagangan Korea Selatan dengan Indonesia lebih kecil dibandingkan dengan nilai perdagangan Korea Selatan dan Vietnam.

Lee mengatakan, perbedaan tersebut terlihat dari perusahaan elektronik Samsung yang melakukan investasi yang sangat besar di Vietnam.

"Cara kerja antara Korea Selatan dan Vietnam dan Korea Selatan dengan Indonesia berbeda, khususnya di Vietnam itu Samsung elektronik mereka investasi sangat besar sekali," kata Lee saat ditemui di PT Hyundai Motor Manufacturing di Sukamukti, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023).

Baca juga: Mendag: RI dan Korsel Sahabat Sejati, Kok Nilai Perdagangannya Lebih Kecil dari Vietnam?

Lee mengatakan, investasi Samsung tersebut berpengaruh pada Produk Domestik Bruto (PDB) Vietnam sebesar 25 persen.

Karenanya, kata dia, nilai perdagangan Korea Selatan dengan Vietnam menjadi lebih tinggi.

"Vietnam mereka mengikuti beberapa suplai segala macam, Samsung di Vietnam. Oleh karena itu, memang antara Korea Selatan dengan Vietnam sangat tinggi," ujarnya.

Terakhir, Lee mengatakan, Korea Selatan saat ini juga tengah melakukan impor produk dari Indonesia sehingga volume perdagangan kedua negara meningkat.

"Pasti memang Korea Selatan maunya impor produk-produk dari Indonesia. Oleh karena itu, antara Indoensia dnegan Korea Selatan makin tambah makin naik," ucap dia.

Baca juga: Baru 7 Persen UMKM Masuk Rantai Pasok Industri, Menteri Teten: Masil Kecil Dibandingkan Vietnam

 


Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, Indonesia dan Korea Selatan adalah sahabat sejati yang sudah teruji dengan berbagai cobaan.

Namun, kata Mendag, nilai perdagangan kedua negara jauh lebih kecil dari Vietnam.

"Kita sudah diuji dengan berbagai cobaan dan terbukti Indonesia dengan Korea Selatan adalah sahabat sejati. Tapi kok perdagangannya jauh lebih kecil dari Vietnam?," kata Zulkifli dalam pidato sambutannya di PT Hyundai Motor Manufacturing, Sukamukti, Bekasi, Jawa Barat, Selasa.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com