Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kewenangan Survei dan Sertifikasi Statutoria Kapal Masih Dipegang BKI

Kompas.com - 12/07/2023, 12:30 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memperanjang kewenangan survei dan sertifikasi statutoria kapal-kapal berbendera kepada PT. Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Persero.

Lewat kewenangan itu, BKI berwenang melakukan survei dan audit pada aspek keselamatan kapal dan menerbitkan sertifikat statutoria kapal berbendera Indonesia, khususnya yang melakukan pelayaran internasional atas nama pemerintah.

"Sertifikasi inilah yang menjadi tanda bahwa kapal tersebut telah memenuhi standar keselamatan yang telah ditetapkan," kata Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Arif Toha dalam siaran pers, Rabu (12/7/2023).

Baca juga: Harga Tiket dan Jadwal Kapal Pelabuhan Roro Tanjung Uban

Kerja sama dalam lingkup pelaksanaan survei dan sertifikasi statutoria kapal berbendera Indonesia dengan BKI sudah berjalan sejak 2017 dan dilakukan perpanjangan setiap tahun sampai dengan saat ini.

Tujuan utama dilaksanakannya perjanjian kerja sama ini yakni untuk peningkatan pemenuhan bagi kapal-kapal berbendera Indonesia terhadap ketentuan konvensi internasional.

Sementara itu, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey mengatakan kepercayaan pemerintah ke BKI merupakan tanggung jawab dan kepercayaan yang besar karena menyangkut status pelayaran Indonesia di mata internasional.

Baca juga: Info Pelabuhan Balohan Sabang, Tiket, dan Jadwal Kapal

"Amanah ini akan dijaga dengan sesungguhnya oleh segenap Insan BKI,” ujar Direktur Utama IDSurvey Arisudono Soerono dalam siaran persnya,

BKI berharap agar kerja sama dapat terus terjalin baik antara pihak Kemenhub sebagai regulator, pemilik kapal sebagai pengguna jasa serta BKI dalam memberikan pemahaman dan pelayanan terbaik untuk meningkatkan keselamatan maritim di Indonesia dan dunia Internasional.

"Semoga melalui dukungan para stakeholder, BKI dapat melaksanakan kegiatan survey statutoria atas nama pemerintah Indonesia,” kata Arisudono.

Baca juga: Info Pelabuhan Gresik Bawean, Tiket, dan Jadwal Kapal

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com