Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambangi Kantor Airlangga Hartarto, Ganjar Pranowo Bahas Proyek Strategis di Jawa Tengah

Kompas.com - 17/07/2023, 18:10 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu langsung dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta. Dalam pertemuan ini, kedua pihak membahas perkembangan dan kelanjutan proyek strategis nasional (PSN) di Jawa Tengah.

Airlangga mengatakan, terdapat 37 PSN yang berada di Jawa Tengah, di mana 18 di antaranya tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 79 Tahun 2019. PSN tersebut berkontribusi besar terhadap perekonomian Jawa Tengah, dengan nilai investasi sebesar Rp 258,76 triliun dan menyerap 66.000 tenaga kerja.

Ia menyebutkan, sebagian PSN di Jawa tengah telah rampung pelaksanaannya, mulai dari Jalan Tol Trans Jawa, PLTU Batang, hingga Bandara Ngloram. Selain itu, juga terdapat PSN yang baru beroperasi sebagian, seperti Jalan Tol Semarang-Demak ruas Sayng-Demak.

Baca juga: Ganjar: Indonesia Punya Peluang Kembangkan Energi Bersih

"Kemudian khusus untuk PSN sektor jalan telah terbangun 340 kilometer, atau Rp 58 triliun," ujar dia, dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin (17/7/2023).

Adapun saat ini, pemerintah tengah fokus menggarap PSN Tol Semarang-Demak. Proyek ini bakal dikebut guna mengatasi ancaman bencana banjir di tepi pantai atau banjir rob. Proyek Tol Semarang-Demak nantinya bakal dimanfaatkan sebagai tanggul, lewat pembangunan tanggul laut raksasa atau giant sea wall.

Selain itu, pemerintah juga berencana melanjutkan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, Kawasan Industri Terpadu Batang, dan Kawasan Industri Seafer. Kawasan-kawasan ini diharapkan dapat membantu mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah serta nasional nantinya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebutkan, saat ini memang terdapat sejumlah PSN di Jawa Tengah yang butuh percepatan. Salah satunya ialah KEK Kendal yang masih membutuhkan sejumlah infrastruktur pendukung, seperti seaport.

Baca juga: Ganjar: Mendorong Investasi Tidak Hanya Mempermudah Izin

"Yang kedua jetty yang ada di kawasan Industri Batang agar ini bisa dibangun paralel sehingga nanti industri tumbuh dan keluar masuk melalui jetty ini bisa jauh lebih cepat," tuturnya.

Percepatan itu dilakukan seiring dengan masa jabatan Ganjar yang segera berakhir. Ia optimis, seluruh PSN yang berada di Jawa Tengah akan rampung atau dijalankan sebelum kepimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berakhir tahun depan.

"Makin yakin bahwa kita mengerja itu dengan serius dan mudah mudahan target di era pemerintahan Pak Jokowi nanti selesai 2024. Semua pekerjaan ini tuntas termasuk tadi PR PR yang kita selesaikan," ucapnya.

Baca juga: Ganjar: UMKM Harus Dipelihara, untuk Ciptakan Pengusaha-pengusaha Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com