Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rosan Roeslani Jadi Wamen BUMN II, Ini Tugasnya

Kompas.com - 17/07/2023, 17:31 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Rosan Roeslani menjadi Wakil Menteri (Wamen) BUMN. Rosan pun ditugaskan untuk menjabat posisi Wamen BUMN II.

Posisi Rosan tersebut sekaligus mengubah posisi Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko yang sebelumnya menjabat posisi Wamen BUMN II, kini menjadi mengisi jabatan Wamen BUMN I.

Adapun posisi Wamen BUMN I sebelumnya ditempati oleh Pahala Nugraha Mansury, yang kini dilantik menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).

Baca juga: Jadi Wamen BUMN, Rosan Roeslani Ungkap Arahan Erick Thohir

"Jadi Pak Tiko melakukan tour of duty selama ini beliau sudah membantu saya di Wamen II di klaster telekomunikasi-perbankan. Sekarang Pak Tiko akan saya tugaskan untuk Wamen I fokus di energi, pangan, pupuk dan lain-lain," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, di Jakarta, Senin (17/7/2023).

"Dan untuk Pak Rosan menggantikan posisi Pak Tiko di Wamen II untuk fokus pada industri perbankan, telko, dan lain-lain," sambungnya.

Adapun tugas Wamen BUMN I adalah mengkoordinir BUMN yang bergerak di bidang energi, kesehatan, manufaktur, tambang, pangan, dan perkebunan.

Beberapa BUMN di bidang tersebut yakni PT Pertamina (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Len Industri (Persero), PT Krakatau Stell (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), hingga Perum Bulog.

Baca juga: Rosan Roeslani Jadi Wamen BUMN, Erick Thohir: Tak Perlu Ditanya Kapabilitasnya

Sementara tugas Rosan Roeslani sebagai Wamen BUMN II yakni mengkoordinir BUMN yang bergerak di bidang perbankan, asuransi, infrastruktur, logistik, pariwisata, dan telekomunikasi.

Beberapa BUMN di bidang tersebut yakni Holding BUMN Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN InJourney, PT Hutama Karya (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT KAI (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), hingga PT Telkom Indonesia (Persero).

Dengan demikian, Rosan akan membawahi perusahaan-perusahaan pelat merah yang berada di klaster perbankan hingga telekomunikasi, sedangkan Tiko membawahi BUMN yang berada di klaster energi hingga perkebunan.

Baca juga: Dilantik Jadi Wamen BUMN, Rosan Roeslani Langsung Rapat Bareng Erick Thohir

Nama Rosan tidaklah asing dalam masa pemerintahan Jokowi. Sebelum menjadi Wamen BUMN, dia merupakan Duta Besar RI untuk AS yang efektif menjabat pada Desember 2021.

Rosan juga dikenal sebagai pengusaha dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2015-2021.

Pada masa Pilpres 2019, Rosan pernah bergabung sebagai Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf. Ia bahkan menjabat sebagai Wakil Ketua TKN.

Baca juga: Profil Rosan Roeslani, Pengusaha yang Kini Jadi Wamen BUMN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com