Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DBS Indonesia Tak Tutup Kemungkinan Salurkan Pembiayaan ke "Startup"

Kompas.com - 17/07/2023, 17:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank DBS Indonesia (DBS Indonesia) tak menutup kemungkinan untuk menyalurkan pembiayaan kepada berbagai macam perusahaan rintisan atau start up yang memiliki potensi.

Hal itu disampaikan di tengah industri perusahaan rintisan atau start up yang sedang menghadapi tantangan terkait susutnya investasi.

Presiden Direktur DBS Indonesia Lim Chu Chong mengatakan, dalam memberikan pembiayaan kepada startup, pihaknya lebih melihat apakah perusahaan memenuhi syarat untuk mengakses produk keuangan, dalam hal ini pembiayaan.

"Kami pikir akan mendukung (startup) yang bankable, skor kreditnya baik, dan arus kasnya juga baik," ujar dia saat ditemui di Jakarta, Senin (17/7/2023).

Baca juga: DBS Proyeksikan IHSG Mampu Tembus Level 7.500 di Akhir Tahun

Ia menambahkan, pihaknya juga tidak memperhitungkan valuasi dari sebuah startup atau perusahaan rintisan untuk menggelontorkan pembiayaan.

Meskipun begitu, ia mengakui tidak mudah untuk mencari startup yang cocok untuk menjalin kesepakatan pembiayaan.

Yang jelas, Chu Chong bilang, penting untuk menilai perusahaan rintisan dari kemampuannya keuangannya mengembalikan pinjaman.

"Itu lebih penting, sektornya juga boleh bermacam-macam, karena ini komersial bisnis," imbuh dia.

Baca juga: Bank DBS Indonesia Ungkap Pentingnya Pendanaan Hijau untuk Transisi Energi Bersih

 


Sebagai informasi, DBS Indonesia telah menggelontorkan dana pinjaman Rp 500 miliar untuk startup perikanan eFishery yang membangun ekosistem akuakultur berkelanjutan.

Selain itu, DBS juga memiliki kerja sama dengan ekosistem lending seperti Home Credit, Modalku, ShopeePay, dan Kredivo untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com