Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Kaca Mobil Indonesia ke Arab Saudi Berpotensi Meningkat

Kompas.com - 17/07/2023, 16:35 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekspor produk kaca mobil Indonesia ke Arab Saudi berpotensi meningkat. Hal ini didukung dengan semakin banyaknya permintaan produk kaca mobil di Arab Saudi.

Oleh karena itu, Kementerian Perdagangan melalui Atase Perdagangan (Atdah) Riyadh melakukan pertemuan dengan importir kaca mobil Arab Saudi, Salem Auto Glass (SAG) pada Rabu (12/7/2023) di Riyadh, Arab Saudi dan diterima langsung oleh pemilik perusahaan, Daris Al Salim.

“Saat ini peminat produk kaca mobil di Arab Saudi semakin banyak. Melihat potensi ini, kami bertemu dengan pemilik importir SAG, Daris Al Salim untuk menawarkan produk sejenis dari Indonesia," kata Atdag Riyadh, Gunawan dalam siaran resminya, Senin (17/7/2023).

Baca juga: Kemendag: Pedagang yang Jual Bundling Minyakita akan Dicabut Izin Usahanya

"Pada pertemuan, importir SAG mengatakan, produk kaca mobil dari Indonesia mempunyai kualitas yang sangat bagus atau di atas standar normal. Diharapkan, ke depannya ekspor produk kaca mobil Indonesia ke Arab Saudi akan semakin meningkat,” sambung dia.

Berdasarkan data Statistik Perdagangan, Indonesia mengekspor produk kaca untuk kendaraan ke Arab Saudi pada 2022 sebesar 806 juta dollar AS, tahun 2021 sebesar 599 juta dollar AS, dan pada 2020 sebesar 500 juta dollar AS.

Menurut Gunawan, Arab Saudi merupakan negara tujuan ekspor ke-4 Indonesia. Total ekspor produk kaca untuk kendaraan dari Indonesia ke dunia pada 2022 sebesar 11 miliar dollar AS, tahun 2021 sebesar 8,6 miliar dollar AS, dan pada 2020 sebesar 6,6 miliar dollar AS.

Baca juga: Kemendag Godok Rencana Pembayaran Utang Minyak Goreng Pekan Ini

Adapun lima negara tujuan ekspor utama produk kaca kendaraan Indonesia adalah Filipina dengan nilai 2,85 miliar dollar AS, Vietnam senilai 1,29 miliar dollar AS, Thailand senilai 992 juta dollar AS, Arab Saudi senilai 806,56 juta dollar AS, dan Jepang senilai 643,46 juta dollar AS.

Sementara itu, impor Arab Saudi untuk produk sejenis dari berbagai negara meningkat dalam tiga tahun terakhir yaitu pada 2022 sebesar 16,37 miliar dollar AS, tahun 2021 sebesar 15,18 miliar dollar AS, dan pada 2020 sebesar 15,10 miliar dollar AS.

Negara-negara pemasok kaca untuk kendaraan di Arab Saudi pada 2022 adalah Jepang senilai 3,98 miliar dollar AS, Tiongkok ( 2,30 miliar dollar AS), Amerika Serikat (2,01 miliar dollar AS), Jerman (1,25 miliar dollar AS), dan Korea Selatan (1,23 miliar dollar AS).

Baca juga: Soal Ekspor Pasir Laut, Kemendag: Sampai Sekarang Masih Dilarang!

Perusahaan SAG rata-rata mengimpor kaca mobil dari berbagai negara dengan jumlah 10 kontainer setiap bulan.

SAG merupakan importir produk kaca Arab Saudi yang mempunyai lebih dari 30 toko yang tersebar di seluruh wilayah Arab Saudi, yakni sebanyak 13 toko di Riyadh dan di wilayah lainnya yang tersebar di Dammam, Qasim, Yanbu, Tabuk, Jeddah, Makkah, dan Madinah.

SAG didirikan pada 1972. SAG secara regular telah megimpor lebih dari 14.000 jenis kaca mobil dari berbagai negara, yaitu dari Amerika Serikat, negara Eropa, Meksiko, Brasil, Tiongkok, dan Malaysia.

Baca juga: Sudah Dilarang Minyakita Masih Dijual di TikTok, Kemendag: Keywordnya Diakali

“Khusus impor dari Malaysia, pada 2023, SAG baru melakukan impor dengan perusahaan Malaysia dan mengirimkan produk kaca mobil sebanyak dua kontainer dalam dua minggu,” jelas Gunawan.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad mengatakan, Atdag Riyadh terus melakukan komunikasi intensif dengan berbagai buyers dari Arab Saudi secara berkelanjutan.

“Komunikasi intensif perlu dilakukan untuk melakukan penetrasi pasar produk-produk Indonesia ke Arab Saudi termasuk produk kaca untuk kendaraan sehingga Arab Saudi bisa berperan sebagai mitra dagang yang strategis,” pungkasnya.

Baca juga: Kemendag Bakal Keluarkan Izin Ekspor Tembaga Freeport Pekan Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com