Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: UMKM Harus Dipelihara, untuk Ciptakan Pengusaha-pengusaha Baru

Kompas.com - 28/05/2023, 18:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menekankan adanya pendampingan serta pelatihan untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini karena UMKM merupakan cikal bakal pengusaha-pengusaha baru.

“Ini UMKM yang mesti kita pelihara, kita ciptakan pengusaha-pengusaha baru dari sini. Kita buat mereka yang berusaha didampingi, kita latih, kita kasih akses modal,” kata Ganjar dalam siaran pers, Minggu (28/5/2023).

Dalam acara Festival #7 yang diselenggarakan oleh Sahabat Ganjar, bakal calon presiden itu juga menyebut acara yang digelar dengan memamerkan hasil UMKM, diharapkan akan terus mendorong semangat UMKM untuk terus mengembangkan produknya, hingga mampu bersaing secara global.

Baca juga: Cerita Pemilik Talijiwa Macrame Indonesia, Ketiban Manfaat Usai Ikut Program “Lapak Ganjar”

Namun, di sisi lain dia menekankan pentingya pendampingan bagi para UMKM. Mulai dari pengemasan produk, literasi dan inklusi keuangan, pengenalan teknologi termasuk go digital melalui platform e-commerce, akses permodalan yang memumpuni, hingga perizinan produk.

“Teman-teman kelompok kreatif, ada yang jualan makanan, souvenir, tapi ada juga yang kreatif. Film maker, penyanyi, gamers dan sebagainya itu kita dampingi. Kalau kita dampingi maka generasi Indonesia akan hebat,” ujar dia.

Baca juga: Upaya Memaksimalkan Digitalisasi UMKM


Acara yang digelar di Lapangan PRPP, Kota Semarang, Jawa Tengah itu turut mengajak ratusan pelaku UMKM. Selain untuk mendorong semangat para UMKM di Kota Semarang, acara itu juga menghadirkan banyak hiburan untuk masyarakat.

“Pameran hari ini, ada sepatu, ada tas, ada lukisan, ada jualan ibu-ibu, ada jersey, ada bakul jamu, ada banyak sekali makanan. Mari kita jaga pesta demokrasi dan kita buat gembira,” tegas dia.

Sebagai wujud dukungan terhadap UMKM, Ganjar juga saat ini memperkenalkan program Lapak Ganjar. Program Lapak Ganjar dihadirkan sebagai fasilitator UMKM untuk dapat dikenal secara lebih luas. Program tersebut juga memberikan pelatihan untuk mendorong UMKM naik kelas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com