Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir: Transformasi BUMN Tidak Mungkin Sukses Tanpa Transformasi SDM

Kompas.com - 18/07/2023, 09:07 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, transformasi sumber daya manusia (SDM) atau insan BUMN merupakan salah satu kunci untuk mendorong pengembangan perusahaan pelat merah.

Oleh sebab itu, diperlukan program untuk meningkatkan kualitas dan kolaborasi antara pegawai BUMN. Salah satunya dilakukan melalui penyelenggaraan BUMN Fest 2023.

"Memang dengan visi BUMN 2024-2034 ingin (jumlah BUMN) tidak sebanyak hari ini sehingga bisa mendorong size-nya lebih besar dan menjadi perusahaan global. Nah, ini yang kita sedang dorong, dan tentu transformasi BUMN tidak mungkin sukses tanpa transformasi SDM," ungkapnya usai membuka BUMN Fest 2023 di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Baca juga: Erick Thohir: Berapapun Saham yang Dilepas Vale Siap Diambil MIND ID

Ia menuturkan, kegiatan BUMN Fest  mencakup ajang kompetisi olahraga dan seni yang mana melibatkan per klaster. Tujuannya untuk meningkatkan sinergitas dan nasionalisme para insan BUMN.

Erick bilang, ketika belum dilakukan transformasi dalam hal perekrutan, masing-masing BUMN melakukan perekrutan sendiri sehingga SDM antar-perusahaan pelat merah umumnya tidak saling mengenal satu sama lain.

Maka dari itu, selain membuat rekrutmen bersama BUMN, juga diadakan BUMN Fest guna meningkatkan pengenalan dan sinergi antara pegawai. Menurut dia, hal ini penting karena kolaborasi antara BUMN diperlukan untuk mendorong transformasi.

"Jadi ini supaya tidak ada perbedaan dan menumbuhkan rasa kebersamaan," imbuh Erick.

Ketua Panitia BUMN Fest 2023 Gregorius Adi menambahkan, hingga saat ini sebanyak 3.209 peserta dari 12 klaster BUMN dan Kementerian BUMN sudah terdaftar di microsite www.bumnfest.id untuk mengikuti acara tersebut.

Acara yang mencakup ajang pertandingan olahraga dan seni ini akan berlangsung hingga akhir Juli 2023 dengan lokasi yang memanfaatkan aset-aset milik BUMN, seperti gedung Brilian Stadium Indoor dan Sarinah.

"BUMN Fest 2023 berlangsung hingga 30 Juli 2023 di beberapa lokasi yang sebagian besar adalah milik BUMN," ungkap Gregorius.

Baca juga: Banyak Keluhan soal Tes Bahasa Inggris di BUMN, Erick Thohir: Kalau Sulit, Nanti Kita Lihat Standarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com