Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal "Digital Identity" dalam Transaksi Keuangan Digital

Kompas.com - 21/07/2023, 06:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Identitas digital (digital identity) menjadi landasan untuk kemajuan serta pertumbuhan dalam industri keuangan digital.

Analis Eksekutif Direktorat Inovasi Keuangan Digital Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Eko Rizanoordibyo mengatakan, identitas digital mengacu pada informasi yang digunakan sebagai kredensial elektronik pembuktian identitas legal.

"Selain memberikan kepercayaan dan keamanan, digital identity juga dapat melindungi identitas pengguna serta memungkinkan layanan keuangan yang aman, efisien, dan inklusif," kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (20/7/2023).

Baca juga: CEO Privy: Tanda Tangan Elektronik Jamin Keabsahan Dokumen

Ia menambahkan, salah satu bentuk identitas digital yang memberikan keamanan, mencegah fraud sekaligus berdampak pada perkembangan bisnis adalah tanda tangan digital.

Tanda tangan digital dapat mengautentikasi identitas penanda tangan dan memastikan integritas dokumen atau transaksi yang ditandatangani.

"Alur kerja bisnis menjadi lebih efisien dengan penandatanganan dokumen digital yang terjamin keamanannya sehingga tidak perlu lagi dokumen fisik," imbuh dia.

Baca juga: Sulit Ditiru, 5 Manfaat Tanda Tangan Elektronik bagi Bisnis

 


Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal I Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) mengatakan, kepercayaan pelanggan penting untuk memberikan pengalaman transaksi digital yang aman.

"Teknologi digital identity menjadi salah satu kunci dalam membangun kepercayaan pelanggan dan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia," ungkap dia.

Baca juga: Kemenkominfo Imbau Fintech Pakai Layanan Tanda Tangan Digital yang Diakui Pemerintah

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com