Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup Danamon Perluas Ekosistem, Ini Sederet Investasi dan Akuisisi yang Dilakukan

Kompas.com - 20/07/2023, 20:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) sebagai salah satu dari ekosistem grup jasa keuangan MUFG memperluas ekosistem dengan sederet investasi dan akuisisi.

Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk Daisuke Ejima mengatakan, Danamon menempati posisi unik sebagai bank hybrid dengan keberadaan dan pengetahuan lokal, dikombinasikan dengan kapabilitas dan jaringan global melalui ekosistem MUFG.

Sedikit catatan, MUFG yang merupakan perusahaan induk Danamon adalah salah satu grup jasa keuangan dunia dengan jaringan global sekitar 2.100 lokasi di lebih dari 50 pasar.

"Sebagai bagian dari jaringan bank global MUFG, Danamon dan Adira Finance sebagai anak perusahaan Danamon berkolaborasi untuk mendukung pertumbuhan nasabah dan mitra bisnis, karyawan, komunitas, serta pertumbuhan perekonomian Indonesia," ujar dia dalam konferensi pers, Kamis (20/7/2023).

Baca juga: Bank Danamon Tebar Dividen Rp 1,15 Triliun, Cek Jadwalnya

Ia menambahkan, sebagai sebuah kesatuan, MUFG, Danamon, dan Adira Finance telah melakukan banyak akuisisi untuk memperluas ekosistem tersebut.

Beberapa investasi dan akuisisi tersebut antara lain, MUFG telah melakukan investasi di AkuLaku, selain investasi mereka sebelumnya di Grab.

Kemudian, Krungsi dan Adira menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi Home Credit Indonesia.

Di sisi lain, Danamon dan MUFG berinvestasi di Garuda Fund, dana modal ventura terfokus di Indonesia.

Baca juga: MUFG Ambil Alih Saham Mandala Finance Senilai Rp 7,04 Triliun


Selain itu, Danamon menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi portofolio perbankan konsumen Standard Chartered Indonesia. Terakhir, MUFG dan Adira setuju untuk mengakuisisi Mandala Finance.

"Inisiatif-inisiatif ini berfungsi untuk meningkatkan basis nasabah dan potensi cross-selling, memberikan Danamon berbagai peluang untuk tumbuh lebih cepat bersama nasabah," imbuh dia.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk Hafid Hadeli mengungkapkan, selain penguatan ekosistem dan perluasan basis nasabah, Danamon percaya peningkatan kapabilitas digital adalah salah satu kunci untuk melayani nasabah.

"Dengan tujuan itu, kami akan terus melakukan investasi untuk meningkatkan kapabilitas dan transformasi digital," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com