Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seleksi CASN Dibuka Awal September, Menteri PAN-RB: "Fresh Graduate" Diutamakan

Kompas.com - 21/07/2023, 13:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, seleksi penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) akan dibuka pada awal September 2023.

"Kita harapkan tahapan seleksi sudah mulai berjalan pada sekitar September 2023," katanya dihubungi Kompas.com, Kamis (20/7/2023).

Sebelum memulai tahap pembukaan seleksi, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah sedang memfinalisasikan formasi. Tahun ini, ada 1 jutaan formasi yang dibutuhkan.

Baca juga: Kementerian PANRB: Berkat CAT Praktik Korupsi Seleksi CPNS Bisa Dicegah

Selanjutnya, penyerahan daftar formasi akan dilaksanakan pada awal Agustus ke seluruh instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah.

"Saat ini kami sedang finalisasi formasi. Ada sekitar 1 juta formasi yang akan diserahkan ke masing-masing instansi sesuai kebutuhannya," jelas Anas.

Mantan Bupati Banyuwangi ini menambahkan, pembukaan seleksi CASN ini upaya pemerintah dalam menyelesaikan tenaga non-ASN atau honorer yang akan dihapus pada November tahun ini.

Baca juga: Kebut Validasi Data Formasi, Kementerian PAN-RB Upayakan Seleksi CASN Tidak Terancam Batal

 


Sebelumnya, Anas mengatakan, dalam formasi CPNS 2023, juga akan disediakan lowongan bagi fresh graduate. Mereka akan dipertimbangkan untuk mengisi posisi yang berkaitan dengan perkembangan teknologi.

"Fresh graduate itu kami utamakan yang talenta digital. Nantinya, fresh graduate ini akan sangat tinggi kualifikasinya untuk mengisi tempat-tempat yang dibutuhkan kementerian, lembaga, dan daerah," kata, dia dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (13/6/2023).

Lowongan untuk fresh graduate bakal dibuka sebanyak 20 persen dari total formasi yang dibuka. Sementara ini, usulan formasi lowongan CPNS 2023 adalah sebanyak 1.030.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com