Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Jadi Instruktur Selam? Simak Dulu Kisaran Gajinya

Kompas.com - 21/07/2023, 21:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Instruktur selam bisa menjadi pilihan profesi bagi masyarakat, terutama bagi yang memiliki kemampuan menyelam.

Seorang instruktur selam biasanya anggota terdaftar dari satu atau lebih lembaga yang tersertifikasi. Tugasnya yakni mengajarkan cara menyelam dan menilai kompetensi seseorang di bawah air. Lantas berapa gaji instruktur selam?

Dikutip dari laman pencari kerja Zip Recruiter, Jumat (21/7/2023), rata-rata gaji seorang instruktur selam di Amerika Serikat (AS) pada 14 Juli 2023 adalah 28 dollar AS per jam.

Baca juga: Intip Kisaran Gaji Tukang Parkir Pesawat atau Marshaller

Gaji instruktur selam tersebut setara dengan Rp 420.653 per jam (kurs Rp 15.023 per dollar AS). Dengan begitu, dalam sebulan seorang instruktur selam di Amerika Serikat bisa  mengumpulkan gaji sampai 4.862 dollar AS, atau Rp 73,04 juta per bulan.

Adapun, gaji instruktur tertinggi di Amerika Serikat mencapai 79,57 dollar AS per jam. Sedangkan, gaji terendah seorang instruktur selam yakni 5,53 dollar AS per jam.

Kisaran gaji rata-rata untuk instruktur selama yang bervarsiasi disebut menujukkan ada banyak peluang untuk peningkatan gaji berdasarkan tingkat keahlian, lokasi, dan pengalaman bertahun-tahun.

Baca juga: Jumlah Gaji Pilot Privat Per Bulan

Sementara itu, dikutip dari berbagai sumber, gaji instruktur selam di Indonesia mulai dari Rp 12 juta per bulan. Bahkan gaji instruktur selam di Indonesia dapat mencapai Rp 25 juta per bulan.

Adapun, pada musim liburan, gaji seorang instruktur selam dapat meningkat sampai dua kali lipat. Selain itu, instruktur selam yang ingin mendapatkan gaji tetap memiliki pilihan untuk bekerja di atas kapal.

Demikian informasi terkait gaji instruktur selam yang dapat dijadikan sebagai alternatif profesi untuk masyarakat.

Baca juga: Daftar Gaji PNS 2023 dan Sederet Tunjangannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com