Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Baru Pertamina Dijual Akhir Juli 2023, Pemerintah Tetapkan Standar Mutu

Kompas.com - 22/07/2023, 17:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menetapkan standar dan mutu bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin RON 95 dengan campuran bioetanol 5 persen (E5) yang akan dipasarkan.

Penetapan standar BBM tersebut diputuskan dalam Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor 252.K/HK.02/DJM/2023.

"Kepdirjen ini menetapkan dan memberlakukan ketentuan standar dan mutu bensin dengan RON 95 dan campuran 5 persen bioetanol," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam pernyataan tertulis, Sabtu (22/7/2023).

Baca juga: BBM Baru Pertamina Pertamax Green 95 Dijual Mulai Juli 2023

Sejalan dengan Keputusan Dirjen tersebut, PT Pertamina (Persero) pada akhir Juli 2023 akan meluncurkan produk BBM baru RON 95 dengan campuran bioetanol yang berasal dari molases tebu singkong.

Sementara itu, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Dadan Kusdiana mengatakan, Kementerian ESDM sudah melakukan kajian sejak 2008, untuk memastikan pencampuran antara BBM dengan bioetanol bisa berjalan.

"Kita sudah lama supaya itu bisa berjalan, dari tahun 2008 sudah mulai ada kajian uji coba, dan sempat berjalan namun keekonomian tidak masuk, kemudian berhenti," ungkapnya.

Baca juga: Nama BBM Baru Pertamina dan Kota Pertama yang Menjualnya

Kemudian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar BBM ramah lingkungan itu mulai direalisasikan kembali.

"Nah sekarang karena Presiden meminta untuk berjalan, kan Perpres sudah ditandatangani, untuk itu mudah-mudahan ini di awal Juli kita bisa melaksanakan (komersialisasi) untuk wilayah yang terbatas," jelas Dadan.

PT Pertamina akan meluncurkan BBM jenis terbaru yang diberi nama Pertamax Green 95 dengan harga Rp 13.200 per liter.

Baca juga: Biofuel Disebut Alternatif Pengganti BBM yang Lebih Hijau

Hal ini diungkapkan Wakil Menteri BUMN I Pahala N. Mansury ditemui di Jakarta, Senin (3/7/2023).

Nantinya uji coba pasar akan dilakukan di Jawa Timur dan Jakarta. Pahala menjelaskan, nantinya akan ada 17 titik SPBU untuk penjualan produk Pertamax Green 95 tersebut.

Baca juga: Ahok Ungkap Alasan Pertamina Tak Pangkas Harga BBM Subsidi Saat Minyak Dunia Turun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com