Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambil Alih Perbaikan Jalan Solo-Purwodadi, Jokowi: dari Saya Kecil Enggak Pernah Beres

Kompas.com - 23/07/2023, 17:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau perbaikan Jalan Solo-Purwodadi, Jawa Tengah pada Minggu (23/7/2023). Setelah sebelumnya meninjau perbaikan jalan daerah di Bengkulu.

Jalan Solo-Purwodadi ini merupakan salah satu jalan daerah yang perbaikannya diambilalih oleh Pemerintah Pusat dari Pemerintah Daerah sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Presiden Jokowi mengatakan, Jalan Solo-Purwodadi ini sering rusak bahkan sejak beliau masih muda lantaran kondisi tanah jalan ini tidak stabil.

"Khusus untuk jalan ini, ini memang saya dari kecil, saya kan tiap hari saya lewat jalan ini, enggak pernah beres," ujar Presiden Jokowi saat meninjau perbaikan Jalan Solo-Purwodadi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (23/7/2023).

Baca juga: Jokowi Resmi Bentuk Badan Karantina Indonesia, Ini Sederet Tugasnya

Dengan kondisi tanah Jalan Solo-Purwodadi yang tidak stabil ini, maka pemerintah pusat berupaya memperbaiki jalan dengan konstruksi yang lebih kokoh agar jalan tidak cepat rusak.

"Karena kalau pakai aspal hampir mungkin enggak ada 2 tahun rusak lagi, hampir 2 tahun enggak beres lagi," kata Jokowi.

"Ini yang kita kerjakan, semoga dengan konstruksi yang kita lakukan ini Jalan Solo-Purwodadi akan baik selamanya. Karena ini ke konstruksinya tebalnya yang untuk mejanya aja 10 senti, di atasnya ada lagi 25 senti dicor lagi," jelasnya

Namun memang biaya yang dikeluarkan untuk konstruksi khusus ini dua kali lipat lebih mahal dari konstruksi biasa.

Kendati demikian, Jokowi menjamin dengan konstruksi yang lebih kokoh ini jalan akan bisa bertahan hingga lebih dari 10 tahun mendatang.

"Sekarang Kalau konstruksinya seperti ini memang dua kali lebih mahal, tapi saya kira untuk pemakaian mungkin bisa lebih dari 10 tahun akan baik," tuturnya.

Baca juga: Jokowi Minta Pabrik Pindad dan PTDI Pindah ke Subang


Sebagai informasi, Presiden Jokowi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terus meninjau perbaikan jalan daerah yang rusak di berbagai provinsi.

Perbaikan jalan daerah ini dimulai pekan ketiga Juli 2023 di 13 provinsi secara serentak, seperti Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Utara, dan Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com