Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2023, 19:35 WIB
Hotria Mariana,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.comPetroChina International Jabung Ltd (PCJL) terus mengembangkan wilayah kerja (WK) Jabung yang berada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, dan menyediakan kesempatan kerja bagi penduduk lokal.

Sebagai informasi, PCJL merupakan salah satu kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang berada di bawah Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Saat ini, terdapat 1.181 pekerja permanen dan pihak ketiga yang bekerja di Lapangan Jabung. Sebanyak 1.002 di antaranya berasal dari Jambi. Mereka menjadi tulang punggung kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas (migas) di WK Jabung, termasuk program-program pengeboran.

Vice President (VP) Human Resources and Relations PCJL Dencio Renato Boele mengatakan, peran tenaga kerja lokal sangat besar dalam setiap kegiatan perseroan, baik di lapangan maupun di kantor PCJL di Geragai dan Betara.

Baca juga: Perkuat Pasokan Gas di Batam dan Jatim, PGN Gandeng HCML dan Petrochina Jabung

Hal itu ia katakannya saat menghadiri acara Monitoring Program Tajak Sumur WB-D16 di Purwodadi, Tanjung Jabung Barat, Sabtu (15/7/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat dari pemerintah daerah (pemda), TNI, Polri, dan SKK Migas.

"Kami bangga dengan kontribusi tenaga kerja lokal yang menjadi garda depan kesuksesan operasi program Drilling Campaign 2023 di 11 sumur pengembangan Jabung," ujarnya dikutip dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (31/7/2023).

Secara keseluruhan, program Drilling Campaign 2023 mencakup tajak 11 sumur pengembangan di enam lapangan dengan target produksi sebesar 1.122,62 barrel oil per day (bopd) untuk minyak dan kondensat serta 24,30 milion standard cubic feet per day (mmscfd) untuk gas.

Baca juga: PetroChina Mendapatkan Perpanjangan Kontrak Wilayah Kerja Jabung

Adapun sumur WB-D16 menjadi sumur keenam yang ditajak oleh PetroChina pada 2023 dan diharapkan dapat menghasilkan initial production sebesar 40 barrel condensate per day (bcpd) dan 3 mmscfd.

Target tersebut dibuat berdasarkan kesuksesan PCJL pada 2022 yang mampu menjalankan program pengeboran di 14 sumur migas.

Berkontribusi besar bagi produksi migas nasional

WK Jabung yang memiliki beberapa fasilitas kunci di Betara dan Geragai merupakan salah satu blok migas dengan performa terbaik di Indonesia. Pada 2022, PCJL mencatatkan realisasi lifting harian rata-rata sebesar 15.618 bopd minyak dan kondensat serta 173 mmscfd gas.

Produksi Jabung juga berkontribusi pada daerah melalui Dana Bagi Hasil Minyak Dan Gas Bumi (DBH Migas). Pada 2023, DBH Migas untuk Kabupaten Tanjung Jabung Barat mencapai Rp 248.195.883.000 dan Tanjung Jabung Timur sebesar Rp 67.521.460.000.

Baca juga: Pacu Produksi, PetroChina Bakal Tambah 3 Sumur Pengembangan Tahun Ini

Pelaksana Harian (Plh) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Jambi Johansyah menuturkan, kegiatan hulu migas di daerah merupakan program yang telah ditetapkan negara.

"Banyak yang beranggapan pengelolaan sumur-sumur migas yang ada di Jambi dikelola perusahaan swasta. Padahal, KKKS mewakili pemerintah pusat dalam melaksanakan aktivitas pengeboran migas tersebut. Untuk itu, para camat dan kepala desa (kades), tolong dibantu menyampaikan bahwa ini bukan murni kegiatan pribadi atau swasta, melainkan atas nama negara," imbaunya.

Johansyah juga mengapresiasi kontribusi PetroChina dalam memberikan manfaat bagi masyarakat melalui program tanggung jawab sosial (TJS).

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com