Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sasar Generasi Muda, BJB Bakal Desain Ulang Aplikasi Mobile Digi

Kompas.com - 09/08/2023, 13:06 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau Bank BJB berencana mendesain ulang aplikasi mobile BJB Digi menjadi smart mobile banking.

Hal ini dilakukan, demi komitmen Bank BJB untuk memberikan produk atau layanan berbasis digital yang terkait pula dengan kebutuhan generasi milenial, seiring perkembangan era digital yang kian masif. Serta, untuk menangkap peluang besarnya penduduk Jawa Barat.

"Potensi pasar menyusul besarnya jumlah penduduk di Jabar dan Banten, kami harus dengan cepat menangkap sebagai peluang melalui pengembangan produk-produk berbasis teknologi agar generasi milenial yang masuk usia produktif dan memiliki karakteristik dekat dengan teknologi, mendapat kemudahan sebagai nasabah serta terakomodir oleh produk yang ada," papar Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi melalui rilis pers, Rabu (9/8/2023).

Dia menambahkan, nantinya fitur-fitur di BJB Digi akan terus dikembangkan sehingga kebutuhan transaksi generasi milenial terakomodir dalam rangka menghadapi perkembangan zaman.

Baca juga: Cara Daftar dan Aktivasi Mobile Banking BJB

Bidik potensi ekonomi Jabar-Banten

Selain membidik segmen milenial, Bank BJB juga ingin membidik potensi ekonomi di Jabar dan Banten, seperti dari segmen konsumer, korporasi, UMKM dan lainnya.

Yuddy bilang, pihaknya ingin memiliki peran besar dalam pembangunan ekonomi di Jabar dan Banten. Apalagi dua provinsi tersebut berkontribusi cukup signifikan terhadap perekonomian nasional.

Sejumlah hal yang dilakukan Bank BJB di dua provinsi tersebut seperti memberi pelatihan dan pemberdayaan masyarakat melalui program Bjb Pesat dan program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu.

Untuk UMKM, Bank BJB memberikan akses permodalan melalui Kredit Mesra dan Kredit Usaha Rakyat, pembiayaan infrastruktur, pemberian pinjaman daerah, sampai dengan kontribusi nya terhadap Pendapatan Asli Daerah melalui Dividen yang diperoleh Pemda setiap tahun nya.

"Hal-hal tersebut menjadi value yang Bank Bjb kontribusikan terhadap perekonomian daerah," kata Yuddy.

Baca juga: Bank BJB Cetak Laba Rp 1,1 Triliun pada Semester I-2023

Kinerja Bank BJB

Bank BJB mencatat laba Rp 1,1 triliun sepanjang semester I-2023 secara konsolidasi. Jumlah ini relatif stagnan dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp 1,19 triliun.

Sementara untuk kuartal II-2023, BJB meraup laba Rp 657 miliar, naik dibandingkan kuartal I-2023 sebesar Rp 446 miliar.

Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi menyebutkan, meski tekanan khususnya dari dampak suku bunga masih ada, pihaknya akan terus bekerja keras untuk menjaga momentum pertumbuhan tersebut sampai dengan akhir tahun ini.

"Dengan melakukan pengelolaan aset dan liabilitas yang optimal, meningkatkan fee based income, juga mendorong efisiensi baik melalui suku bunga maupun dalam setiap kegiatan operasional,” ucap dia saat paparan kinerja, di Bandung, Rabu (26/7/2023) lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com