Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Instagram LRT Jabodebek Diretas dan Belum Pulih, Masyarakat Diimbau Waspada

Kompas.com - 09/08/2023, 18:51 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akun Instagram LRT Jabodebek, @lrt_jabodebek, masih diretas oleh pihak tidak bertanggungjawab dan hingga kini masih dalam penanganan.

Pembajakan yang diketahui tim LRT Jabodebek pada pukul 13.58 WIB tadi ini dilakukan dengan menjadikan akun @lrt_jabodebek seakan-akan memberikan give away tebus murah iPhone 14 dengan syarat yang ditentukan.

Untuk itu, Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardojo mengimbau masyarakat agar tidak terpancing dengan adanya info dan promosi yang diberikan oleh akun Instagram @lrt_jabodebek di luar informasi terkait LRT Jabodebek.

"Hingga saat ini kami tidak pernah memberikan informasi promo barang apapun melalui akun medsos LRT Jabodebek," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (9/8/2023).

Kuswardojo menyampaikan, tim IT KAI hingga saat ini masih terus berupaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Kami menghimbau agar tidak ada masyarakat yang terpancing dengan penawaran yang disampaikan melalui akun Instagram @lrt_jabodebek saat ini," ucapnya.

Baca juga: Akun Instagram LRT Jabodebek Diretas

Berdasarkan unggahan yang dikutip Rabu (9/8/2023) malam, peretas tersebut mengunggah foto kardus iPhone 14 dengan keterangan LRT Jabodebek memberikan promo giveaway tebus murah iPhone 14 Promax 256 GB dengan harga Rp 8,89 juta.

Untuk memenangkan giveaway ini, peretas mensyaratkan beberapa hal, seperti wajib mengikuti akun Instagram @lrt_jabodebek, menyukai 5 unggahan akun tersebut, dan wajib menghubungi WhatsApp 088744512297 untuk klaim hadiah.

"iPhone yang kami jual ini 100% garansi resmi ibox , dan kami jadikan sebagai hadiah klaim give tebus murah buat followers setia kami," tulis peretas.

Baca juga: Situs Bawaslu Makassar Diretas Jadi Situs Judi Online

 


Hingga berita ini ditulis, unggahan yang diduga modus penipuan ini masih belum dihapus dari akun Instagram @lrt_jabodebek. Unggahan ini ditampilkan dihalaman profil dan Instagram Story akun @lrt_jabodebek.

Bahkan di Instagram Story, unggahan tersebut menyertakan alamat WhatsApp yang langsung terhubung ke akun WhatsApp dengan nomor 088744512297.

Begitupun di bagian informasi profil Instagram @lrt_jabodebek juga menyertakan link WhatsApp dan nomor 088744512297.

Baca juga: BSI Error Kena Ransomware, Wamen BUMN: Data Diretas dari Komputer Kantor Cabang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com