Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu ke Kelurahan, Cetak KK hingga Urus Izin Usaha Kini Bisa di Stasiun MRT Blok A

Kompas.com - 10/08/2023, 21:20 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat DKI Jakarta kini dapat mencetak berkas kependudukan dan mendaftarkan izin usaha di Stasiun MRT Jakarta.

Pasalnya, PT MRT Jakarta (Perseroda) telah bekerja sama dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta menyediakan gerai layanan publik di Stasiun MRT Jakarta Blok A di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Direktur Pengembangan Bisnis MRT Jakarta Farchad Mahfud mengatakan, gerai pelayanan PTSP yang ada di stasiun MRT Jakarta ini fokus pada pelayanan memulai usaha serta konsultasi pelayanan perizinan dan non-perizinan di Jakarta.

Sementara Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) sebagai vending machine Dukcapil dimana dengan mesin ADM ini masyarakat yang ada atau tinggal di sepanjang jalur MRT Dapat melakukan pencetakan secara mandiri untuk dokumen pribadi seperti KTP, Kartu Identitas Anak (KIA), hingga Kartu Keluarga (KK).

Baca juga: Menhub Targetkan MRT Jakarta Jalur Timur-Barat Groundbreaking Agustus 2024

"Saat ini telah hadir PTSP goes to MRT dan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di stasiun MRT Jakarta Blok A sebagai titik pelayanan publik di MRT. Mungkin yang pertama," ujarnya saat membuka Gerai DPMPTSP di Stasiun Blok A, Jakarta, Kamis (10/8/2023).

Dia mengungkapkan, penyediaan gerai pelayanan publik di stasiun MRT Jakarta sebagai upaya perseroan memberikan solusi permasalahan perkotaan dengan memberikan kemudahan pelayanan dalam bermobilitas.

Dia bilang, diharapkan ini menjadi salah satu katalisator pelayanan publik dengan seamless mobility karena pelayanan publik terdapat di dalam jaringan transportasi perkotaan yang membentang dari Lebak Bulus sampai dengan Bundaran HI.

Baca juga: Menhub Targetkan Pembangunan MRT Jalur Balaraja-Cikarang Dimulai Agustus 2024

"Jadi tidak hanya kita mengupayakan gerai-gerai yang bersifat komersial, tapi juga gerai-gerai yang bersifat pelayanan publik seperti ini kita kedepankan di kemudian hari," ucapnya.

Sementara dari sisi MRT Jakarta, hal ini juga diharapkan dapat berdampak positif bagi perseroan karena secara tidak langsung dapat mendorong angka ridership dan dapat berdampak pada pendapatan non-tiket.

"Kami tentu berharap ke depannya akan lebih banyak lagi kolaborasi MRT Dengan gerai pelayanan publik," tuturnya.

Baca juga: JPM Dukuh Atas Bakal Hubungkan Akses MRT hingga Transjakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com