Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Beli Mobil, Pertimbangkan 4 Hal Ini

Kompas.com - 11/08/2023, 22:41 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat harus mempertimbangkan berbagai hal sebelum membeli mobil agar sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya terkait skema pembayaran yang akan dipilih.

Retail Business Development Department Head OK Bank Hardiansyah Ramadhan mengatakan, kredit tanpa agunan (KTA) OK Bank bisa menjadi opsi pembiayaan bagi masyarakat yang ingin membeli mobil .

"Tak hanya untuk pembelian mobil, KTA OK Bank juga dapat digunakan untuk pembayaran asuransi dan deposit mobil, sehingga memberikan fleksibilitas bagi para nasabah yang ingin menggunakannya sesuai dengan kebutuhan," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (11/8/2023).

Namun sebelum membeli mobil, dia menyarankan masyarakat untuk mempertimbangkan beberapa hal. Adapun pertimbangannya sebagai berikut:

Baca juga: Insurtech Tap Insure Target Terbitkan 4.000 Polis Asuransi Mobil-Motor Tahun Ini

1. Pastikan tujuan pembelian

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tujuan penggunaan mobil. Di tengah beragamnya kebutuhan, baik itu mengakomodasi mobilitas pekerjaan ataupun mendorong pertumbuhan bisnis yang semakin luas, mobil hadir menjadi fasilitas yang mempermudah kehidupan.

Luangkan waktu sejenak dan pastikan kembali tujuan pembelian mobil telah sesuai dengan kebutuhan, bukan hanya untuk memenuhi keinginan semata sehingga dapat menentukan pilihan terhadap mobil impian dengan tepat.

2. Pertimbangkan biaya bahan bakar

Selain biaya pembelian, jangan lupa menghitung pengeluaran lain, termasuk biaya bahan bakar sepanjang masa hidup mobil. Sebagai gambaran, kata Hardiansyah, mobil yang berpenumpang dapat menghabiskan rata-rata 10,7 liter bahan bakar setiap jarak tempuh 100 kilometer (km).

Jika ingin pilihan yang lebih hemat, carilah mobil dengan efisiensi bahan bakar yang baik, seperti mobil Low Cost Green Car (LCGC) sehingga dapat mengurangi biaya bahan bakar dalam jangka waktu panjang sekaligus menghasilkan lebih sedikit emisi yang ramah terhadap lingkungan.

Baca juga: Mitsubishi Tambah Investasi Rp 5,7 Triliun di RI, Siap Produksi Mobil Listrik

3. Kunjungi pameran otomotif

ASEAN Automotive Federation mencatat kenaikan penjualan kendaraan bermotor di Indonesia sebesar 18 persen dari tahun 2021 ke 2022.

Tak heran jika pameran otomotif kini banyak diminati oleh masyarakat, terutama dengan berbagai promo dan potongan harga menarik yang tidak ditawarkan di tempat lain.

Sebelum membeli, coba kunjungi berbagai pameran otomotif, salah satunya Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) agar dapat merasakan langsung mobil impian, sambil menggali informasi lebih dalam mengenai fitur dan ragam facelift terbaru dari sejumlah merek mobil yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih.

4. Pilih fasilitas pembiayaan yang tepat

Pelajari berbagai fasilitas pembiayaan untuk proses pembelian mobil. Kredit Tanpa Agunan (KTA) pada bank menjadi salah satu opsi untuk mewujudkan mobil impian.

OK Bank misalkan, menyediakan fasilitas pinjaman KTA. Pinjaman yang diberikan oleh OK Bank mulai dari Rp 3 juta-Rp 200 juta dengan suku bunga sebesar 0,89 persen dan pencairan dalam kurun waktu 1 hari kerja.

"KTA OK Bank menyediakan jangka waktu tenor yang panjang mulai dari 12 hingga 60 bulan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan nasabah," pungkas Hardiansyah.

Baca juga: Banyak Orang Beli Mobil Listrik Tujuan Awalnya agar Bebas Ganjil Genap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com