Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Pasok Oli Fastron Tim Balap Lamborghini hingga 2025

Kompas.com - 13/08/2023, 14:13 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Lubricants kembali memperpanjang kerja sama dengan divisi balap supercar Lamborghini Squadra Corse.

Hal ini diumumkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Sabtu (12/8/2023).

Dengan demikian, pelumas atau oli Pertamina Fastron pun akan menjadi Official Technical Partner Lamborghini Squadra Corse hingga 2025 mendatang.

Baca juga: Pertamina Tindak Tegas Pangkalan Elpiji dan SPBU Nakal di Sumut dan Sumbar

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, Pertamina telah menjadi pemain yang signifikan khususnya dalam ajang kompetisi otomotif berskala internasional.

"Kolaborasi global ini memberikan nilai tambah yang strategis dalam hal aliansi, inovasi dan pemasaran, yang dapat meningkatkan performa dari produk-produk Pertamina," ujar Nicke dalam keterangannya, Minggu (13/8/2023).

Pada acara GIIAS yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang itu pun Lamborghini Squadra Corse menghadirkan langsung Lamborghini Essenza SCV12, hypercar edisi terbatas yang dikembangkan oleh Lamborghini Squadra Corse di booth Pertamina untuk pertama kalinya di Indonesia.

Kerja sama ini bermula dari tantangan yang dihadapi Lamborghini Squadra Corse dalam mencari oli untuk balapan Super Trofeo di luar benua Eropa dan Amerika pada 2014, khususnya di Asia yang menjadi salah satu pasar utamanya.

Merespons tantangan tersebut, maka di tahun 2015, Pertamina melalui Pertamina Lubricants, sebagai produsen oli yang paham dengan kondisi iklim di Asia, bekerja sama dengan Lamborghini Squadra Corse.

Keduanya melakukan pengembangan Oli baru Fastron Platinum Racing 10W-60, oli dengan spesifikasi khusus yang telah diuji secara teknis dan melalui road test untuk digunakan dalam balapan Super Trofeo.

Dengan riset yang komprehensif serta pengujian yang ketat di laboratorium berstandar dunia serta diuji coba dalam berbagai kondisi, Pertamina Lubricants membuktikan bahwa Pertamina Fastron sebagai oli kelas dunia kebanggaan Indonesia bisa dipergunakan Lamborghini.

"Kerja sama ini juga membuktikan bahwa produk Pertamina semakin diakui dunia," kata Nicke.

Baca juga: Teken Kontrak dengan Exxonmobil, Pertamina Drilling Bakal Bor 7 Sumur Lapangan Banyu Urip

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com