Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polusi Udara Jakarta, Menhub Ajak Masyarakat Beralih ke Kendaraan Listrik

Kompas.com - 14/08/2023, 06:39 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik. Hal ini sebagai upaya untuk mendukung terciptanya kualitas udara yang baik di wilayah perkotaan, khususnya Jakarta.

Ajakan tersebut seiring dengan kondisi polusi udara di Jakarta yang semakin memburuk selama beberapa hari belakangan.

"Kami mengajak masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik. Kalau penggunaannya menjadi masif, diharapkan dapat menurunkan polusi yang terjadi di kota-kota besar," ujar Budi Karya saat mengikuti Fun Ride yang diadakan oleh Asosiasi Industri Sepada Motor Listrik Indonesia (Aismoli) di Jakarta, Minggu (13/8/2023).

Baca juga: Menhub Targetkan Pembangunan MRT Jalur Balaraja-Cikarang Dimulai Agustus 2024

Ia menuturkan, kendaraan bermotor dengan bahan bakar fosil berkontribusi lebih dari 50 persen terhadap polusi udara. Kondisi peningkatan polusi di Jakarta pun meningkat seiring dengan aktivitas masyarakat yang kembali normal setelah pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, Budi Karya menjelaskan, untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik, pemerintah pun memberikan insentif Rp 7 juta pada industri sepeda motor listrik, baik untuk pembelian kendaraan baru maupn konversi.

Pada motor konvesi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sendiri berperan menjaga aspek keselamatan motor.

Kemenhub pun telah menerbitkan Permenhub Nomor PM 39 Tahun 2023 tentang Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Kebijakan tersebut merupakan bagian dari upaya percepatan peningkatan ekosistem sepeda motor listrik melalui peningkatan pelayanan pengujian tipe sepeda motor konversi.

"Jadi motor listrik baru itu memang bagus, tetapi kalau konversi, kami berupaya mengubah dari motor BBM (bahan bakar minyak) yang sudah ada dan jumlahnya sangat banyak," kata Menhub.

Adapun menurut data Kemenhub, jumlah sepeda motor yang sudah dikonversi menjadi motor listrik sebanyak 183 unit per 10 Agustus 2023, sedangkan untuk sepeda motor listrik baru sudah sebanyak 59.388 unit.

Di sisi lain, Budi Karya juga menyarankan kepada produsen kendaraan listrik, untuk dapat membuat spesifikasi baterai yang standar agar memudahkan masyarakat.

Ia berharap, ekosistem kendaraan listrik dapat terus dibangun sehingga kualitas kendaraan listrik semakin baik dengan harga yang terjangkau.

"Yang akan datang dengan adanya industri nikel di Indonesia, akan menjadikan ini lebih baik, dengan harga yang lebih murah," ucap Budi Karya.

Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia Budi Setiadi menambahkan, sebagai mitra pemerintah pihaknya terus berupaya mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia semakin masif.

Ia pun mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah melalui berbagai kebijakan untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com