Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Indonesia Juara Umum WSA 2023, Moeldoko: Dunia Internasional Akan Semakin Tahu Pekerja Indonesia Hebat

Kompas.com - 15/08/2023, 19:53 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengapresiasi keberhasilan Indonesia menjadi Juara Umum 13th World Skills Association of Southeast Asian Nations (WSA) 2023 di Singapura. 

Hal tersebut dikatakan Moeldoko saat bertemu dengan para kompetitor dan para expert WSA di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (15/8/2023).

Moeldoko mengatakan, keberhasilan Indonesia akan memberikan trust atau kepercayaan dunia internasional bahwa sumber daya manusia (SDM) Indonesia benar-benar kompeten dan berdaya saing.

"Dengan kemenangan ini dunia internasional akan semakin mengakui bahwa pekerja Indonesia hebat. Karena yang dipertandingkan sesuatu yang bersifat update dan modern," katanya dalam siaran pers, Selasa.

Moeldoko juga menilai, keberhasilan itu menjadi kesempatan kerja bagi SDM Indonesia di luar negeri semakin terbuka, khususnya pada sektor dengan keterampilan tertentu.

Baca juga: Torehkan 27 Medali, Menaker Beri Penghargaan kepada Jawara WSA 2023

"Tradisi kemenangan itu supaya terus dijaga dan dikembangkan lagi karena mungkin area pertandingannya, area kompetisinya semakin luas. Namun, kita selalu hadir dengan kemenangan dengan setiap jenis yang dikompetisikan," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, status juara umum WSA tersebut terasa spesial karena Indonesia meraih prestasi di negeri orang, yakni Singapura.

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengapresiasi keberhasilan Indonesia menjadi Juara Umum 13th WorldSkills Association of Southeast Asian Nations (WSA) 2023 di Singapura saat bertemu dengan para kompetitor dan para expert WSA di Bekasi, Selasa (15/8/2023).
DOK. Humas Kemenaker Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengapresiasi keberhasilan Indonesia menjadi Juara Umum 13th WorldSkills Association of Southeast Asian Nations (WSA) 2023 di Singapura saat bertemu dengan para kompetitor dan para expert WSA di Bekasi, Selasa (15/8/2023).

Pada ajang ke-13 kompetisi keterampilan tingkat ASEAN tersebut, Indonesia berhasil meraih 27 medali, yang terdiri dari 14 medali emas, 8 medali perak, 3 medali perunggu dan 2 medallion of excellence (diploma).

"Keberhasilan Indonesia menjadi juara umum selain menunjukkan pembangunan SDM sudah berada di jalur yang benar, juga menunjukkan bahwa SDM Indonesia tidak kalah saing dibandingkan dengan negara-negara lain, khususnya di ASEAN," ujar Ida.

Baca juga: Kemenaker Sebut Perumusan Inovasi dan Transformasi Dibutuhkan untuk Penerapan Norma K3

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com