Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Lewat Relawan Bakti BUMN, Bank Mandiri Dukung Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan di Jayapura

Kompas.com - 18/08/2023, 13:02 WIB
Mikhael Gewati

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai agen perubahan, Bank Mandiri berupaya terus hadir untuk negeri melalui dukungan pada aktivitas terkait perbaikan kesehatan masyarakat, terutama di wilayah tertinggal, terdepan dan terluas (3T).

Hal tersebut bertujuan untuk memperkuat kualitas hidup masyarakat, sekaligus sebagai rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78.

Salah satunya melalui dukungan terhadap program Relawan Bakti Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dilakukan serentak di 10 lokasi berbeda di seluruh Indonesia.

Relawan Bakti BUMN merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN untuk berkontribusi memberikan dampak positif kepada masyarakat, lingkungan, atau komunitas di Tanah Air.

Dalam program tersebut, Bank Mandiri mendukung program Pelayanan Kesehatan Papua Tanpa Batas di Distrik Muara Tami, Jayapura pada 15-17 Agustus 2023.

Di distrik terdepan wilayah RI yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini ini, Bank Mandiri berupaya meningkatkan kualitas hidup melalui perbaikan akses kesehatan kepada 500 penduduk yang tersebar di Desa Skouw Mabo, Skouw Yambe, dan Skouw Sae.

Baca juga: Lewat Transformasi Layanan Perbankan Digital, Bank Mandiri Terus Dorong Inklusi Keuangan

Vice President (VP) Corporate Social Responsibility (CSR) Center Department Bank Mandiri Dadang Suryadi menyatakan, kegiatan ini mencakup pelayanan konsultasi kesehatan, pengobatan gratis, renovasi infrastruktur, pendidikan, pelatihan, dan pemberian sembako serta nutrisi kepada masyarakat.

“Sebagai BUMN, Bank Mandiri memiliki tanggung jawab yang mendalam terhadap pembangunan berkelanjutan tanah air termasuk dari aspek kesehatan dan pendidikan. Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup warga sekitar,” ujar Dadang di Jayapura, Jumat (18/8/2023).

Dadang menyatakan, rangkaian kegiatan ini dibuka dengan sosialisasi kepada warga Skouw Yambe, Skouw Mabo, dan Skouw Sae oleh Komunitas Papua Tanpa Batas pada Selasa (15/8/2023).

Seiring dengan itu, terdapat kegiatan pelatihan Bahasa Inggris dengan memberikan hadiah kepada 100 anak taman kanak-kanak (TK) berupa tas, buku gambar, dan botol minum.

Tidak hanya kepada anak TK, Bank Mandiri juga memberikan hadiah kepada 300 anak sekolah dasar (SD) berupa tas, buku tulis, alat tulis, botol minum dan jam tangan digital.

Baca juga: Dukung Penerapan ESG, Bank Mandiri Catatkan Pembiayaan Kredit Berkelanjutan Rp 232 Triliun di Semester I -2023

Lalu, pada Rabu (16/8/2023), Bank Mandiri menyediakan layanan kesehatan dengan memberikan obat gratis kepada masyarakat dari bayi hingga lansia.

Selain itu, terdapat juga pembagian 300 paket sembako serta pembagian nutrisi di Distrik Muara Tami yang melibatkan komunitas Papua Tanpa Batas.

Kemudian, bertepatan dengan Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-78, kegiatan dimulai dengan upacara bendera yang diikuti oleh anak-anak SD dan seluruh instansi yang berada di Distrik Muara Tami.

Rangkaian kegiatan tersebut semakin meriah dengan adanya pesta rakyat berupa pertandingan sepak bola, tarik tambang, hingga balap karung.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com