Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Texas Chicken Tutup Semua Gerai di RI, Siapa Pemiliknya? | Imbas Polusi, Luhut Usul Wajib Masker Lagi

Kompas.com - 20/08/2023, 08:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

1. Siapa Pemilik Texas Chicken yang Tutup Seluruh Gerainya di RI?

PT Cipta Selera Murni Tbk (CSMI) mengumumkan bahwa per tanggal 14 Maret 2023 perseroan memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan Cajun Global LLC dan melaporkan telah menutup seluruh restoran Texas Chicken yang dioperasikan di bawahnya (Texas Chicken tutup).

Direktur CSMI, Radino Miharjo mengatakan, perusahaan terpaksa memutuskan kerja sama dengan prinsipal Cajun Global lantaran omzet penjualan tak bisa menutup biaya operasional. Hal ini menyebabkan perusahaan merugi.

CSMI melantai di bursa pada 2020 silam. CSMI awalnya didirikan Atang Latief, pengusaha nasional era Orde Baru, yang juga pemilik Bank Bira yang pernah tersandung kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Merujuk keterangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Atang Latief sempat menggenggam 70 persen saham CSMI. Sisanya sebesar 30 persen dibagi masing-masing 10 persen ke almarhum Herlia Emmy Yani Subronto Laras, Hediana Luwina, dan Tjen Mie Lian.

Herlia Emmy Yani Subronto Laras tak lain merupakan anak mendiang Pahlawan Revolusi Jenderal Ahmad Yani.

Selengkapnya klik di sini

2. MRT Jakarta Alami Gangguan Teknis, "Headway" Antar Kereta Jadi Lebih Lama

MRT Jakarta mengalami gangguan teknis operasional pada jalur Lebak Bulus-Haji Nawi yang menyebabkan perjalanan Ratangga terganggu.

Kepala Divisi Corporate Secretary MRT Jakarta Ahmad Pratomo mengatakan, gangguan tersebut menyebabkan waktu antara (headway) MRT Jakarta menjadi 13 menit.

Adapun pada akhir pekan, headway MRT Jakarta pada kondisi normal sekitar 10 menit. Artinya, gangguan menyebabkan selang waktu keberangkatan antar kereta menjadi lebih lambat 3 menit.

"Sehubungan dengan adanya gangguan teknis operasional pada jalur Lebak Bulus-Haji Nawi maka headway kereta saat ini menjadi 13 menit," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/8/2023).

Selengkapnya klik di sini

3. Kantornya Digeledah KPK, Kemenaker: Kami Kooperatif

Kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) digeledah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (18/8/2023). Berdasarkan penelusuran Kompas.com, penggeledahan yang dilakukan berkaitan dengan kasus korupsi.

Terkait hal tersebut, Kepala Biro Humas Kemenaker, Chairul Fadhly Harahap membenarkan bahwa kantornya telah disambangi oleh tim KPK. Dia mengatakan pihaknya tetap kooperatif terhadap penegakan hukum di Indonesia.

“Kementerian Ketenagakerjaan menyatakan komitmennya terhadap penegakan hukum. Kemenaker memastikan akan selalu bersikap kooperatif dan mendukung terhadap berbagai proses penegakan hukum,” kata Chairul kepada wartawan.

Chairul mengatakan, bahwa kedatangan KPK ditujukan kepada divisi pekerja migran, yang berada di bawah naungan Kemenaker. Namun, ia tidak mengetahui dengan rinci ikhwal kedatangan tim KPK ke Kemenaker.

Selengkapnya klik di sini

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com