Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Revitalisasi Besar-besaran, TMII Bakal "Grand Opening" Awal September 2023

Kompas.com - 25/08/2023, 06:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan grand opening pada September 2023. Pembukaan ini menyusul sudah dilakukannya revitalisasi besar-besaran terhadap TMII.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan, rencananya peresmian TMII akan dihadari Presiden Joko Widodo (Jokowi), sehingga waktu pasti pembukaan masih menunggu jadwal presiden.

"Kemungkinan di awal September, tunggu tanggal mainnya, kita belum dapat konfirmasi (dari Jokowi). Kita sedang menunggu," ujarnya dalam konferensi pers di TMII, Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Baca juga: Mengenal Kereta Layang di TMII yang Sering Dikira Monorel atau LRT

Ia menuturkan, InJourney sebagai induk holding BUMN pariwisata dan pendukung memiliki tugas untuk memaksimalkan potensi-potensi pariwisata. Salah satunya dengan melakukan revitalisasi TMII. 

Maya menuturkan, dengan revitalisasi tersebut, konsep pengelolaan TMII berubah total menjadi sangat kekinian yang mencakup green, smart, culture, dan inclusive. Wajah baru TMII kini siap diperkenalkan sebagai ikon wisata kultural dan saranaa edukasi keragaman budaya Indonesia.

"TMII melakukan improvement dan beautifikasi pada beberapa aspek untuk meningkatkan kualitas layanan dan juga daya tarik berupa atraksi yang bisa dinikmati pengunjung di TMII secara inklusif," kata dia.

Baca juga: InJourney Proyeksi Dampak Ekonomi Ajang Balap Motor ARRC 2023 Capai Rp 300 Miliar

 


Usai revitalisasi, PT Bhumi Visatanda (PT Bhiva) sebagai pengelola TMII, menghadirkan berbagai atraksi dan wahana baru. Salah satu yang menjadi andalan yakni Danau Archipelago.

Direktur Utama PT Bhiva Claudia Ingkiriwang mengatakan, Danau Archipelago dijadikan ikon utama TMII yang dilengkapi dengan atraksi air mancur atau Dancing Fountain Show dengan tema cerita rakyat Indonesia.

"Dancing Fountain Show ini nantinya dapat dinikmati wisatawan yang berkunjung ke TMII," kata Claudia.

Baca juga: Kabar Baik, Harga Tiket TMII Tidak Naik Pasca-revitalisasi, Masih Rp 25.000

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com