Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Tak Cuma Hemat, Berikut 4 Keuntungan Sewa Barang untuk Dukung Operasional Bisnis

Kompas.com - 30/08/2023, 14:21 WIB
Aningtias Jatmika,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sektor ekonomi dan bisnis Indonesia terus menggeliat pascapandemi Covid-19. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa perekonomian Indonesia pada 2022 tumbuh positif 5,31 persen.

Hal itu juga terlihat dari tren sewa-menyewa barang yang mengalami peningkatan beberapa tahun terakhir.

Platform sewa-menyewa online Raggam mencatat, jumlah penyewa di platform Raggam naik menjadi 7.000 pengguna pada 2023. Angka ini meningkat siginifikan jika dibandingkan jumlah pengguna pada 2021, yakni sekitar 500 pengguna.

Chief Operating Officer Raggam Maria Kristina menilai, terdapat sejumlah faktor yang membuat pebisnis lebih memilih menyewa barang ketimbang membeli.

“Pebisnis bisa menekan biaya operasional dengan menyewa barang. (Terlebih), layanan penyewaan barang, seperti Raggam, juga menjamin keamanan dan kualitas barang,” ujar Maria kepada Kompas.com, Minggu (27/8/2023).

Maria melanjutkan, terdapat empat keuntungan menyewa barang dalam berbisnis. Pertama, bebas biaya perawatan dan servis.

“Frekuensi pemakaian barang yang tinggi dalam berbisnis membuat barang butuh biaya perawatan yang tinggi, khususnya bila barang yang disewa adalah mobil. Dengan menyewa barang, biaya tersebut menjadi tanggung jawab vendor,” jelas Maria.

Kedua, pebisnis punya banyak opsi barang, termasuk barang model terbaru. Di platform Raggam, misalnya, penyewa bisa memilih barang dari berbagai vendor.

“Penyewa juga bisa melihat rating toko, review pengguna lain, dan berapa kali barang itu telah disewa. Hal ini menjadi jaminan tersendiri bagi penyewa,” ujar Maria.

Ketiga, pebisnis dapat berfokus pada bisnis sekaligus mengurangi biaya investasi.

“Pebisnis tak pusing lagi memikirkan pembelian barang operasional, seperti mobil, kursi, meja, dan kitchen supplies. Dengan menyewa barang, pengusaha juga (daapat) meminimalkan jumlah inventaris kantor sehingga (punya potensi untuk) menghemat modal usaha,” jelas Maria.

Keempat, sewa barang memungkinkan pebisnis menggunakan barang secara fleksibel. Mereka juga dapat mengefisiensikan waktu.

Maria menuturkan, pebisnis kerap membutuhkan barang hanya dalam jangka waktu tertentu. Ketimbang membeli, menyewa barang dapat menjadi solusi.

“Penyewa bisa memilih waktu sewa sesuai kebutuhan, mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan,” kata Maria.

Maria menyadari bahwa kebiasaan dan kebutuhan penyewa berubah sesuai dinamika bisnis. Oleh sebab itu, pihaknya pun terus mempelajari hal tersebut.

Chief Executive Officer (CEO) Raggam Nathalia Gunadi mengatakan, untuk mendukung dinamika bisnis, pihaknya kini menggandeng Artugo dan Modena. Seperti diketahui, keduanya merupakan brand penyedia alat elektronik berkualitas di Indonesia.

Nathalia menuturkan bahwa kerja sama itu juga merupakan salah satu upaya Raggam untuk mendukung pembukaan lapangan usaha dan pekerjaan baru.

“Saat mulai berbisnis, masyarakat tak perlu memikirkan biaya untuk barang operasional. (Sebab), semua barang bisa disewa secara online sesuai kebutuhan,” ujar dia.

Sebagai informasi, platform sewa-menyewa online Raggam bisa diakses melalui laman https://www.raggam.id/. Aplikasi Raggam juga bisa diunduh di App Store untuk pengguna iOS dan Google Play Store untuk pengguna Android.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com