BrandzView
Konten ini merupakan hasil interview Kompas.com dengan Lazada

Berikan Bebas Biaya Komisi dan Gratis Ongkir, Lazada Jadi Platform Online Termurah

Kompas.com - 31/08/2023, 13:07 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lazada Indonesia (Lazada) meluncurkan penawaran khusus untuk penjual baru yang bergabung dengan platform e-commerce ini.

Melalui penawaran tersebut, Lazada memberikan bebas biaya komisi selama 90 hari, bebas biaya promosi gratis ongkos kirim (ongkir), pendampingan penjual selama 90 hari, akses terhadap pelanggan yang luas dan data bisnis terkini, serta akses platform belajar bisnis online dan dukungan komunitas penjual.

Penawaran tersebut menjadikan Lazada sebagai platform ­e-commerce termurah di Indonesia, khususnya bagi penjual baru.

Seperti diketahui, pelaku usaha mikro kecil dan menengah masih kesulitan mengembangkan bisnis melalui e-commerce. Selain literasi digital yang masih minim, biaya yang harus dibayar pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga tak sedikit.

Baca juga: Lazada Ajak Pelaku UMKM Jadi Pahlawan Ekonomi Digital Indonesia

Biaya promosi, komisi, serta biaya layanan tambahan membebani pelaku UMKM, terutama yang baru merintis, karena mengurangi keuntungan.

Akibatnya, ceruk pasar di ekonomi digital kurang bisa dimaksimalkan oleh pelaku UMKM. Padahal, data riset “We Are Social 2023” menyebut bahwa 178,9 juta masyarakat sudah terbiasa berbelanja di platform e-commerce. Selain itu, riset Populix juga mengemukakan bahwa 72 persen masyarakat Indonesia berbelanja online lewat smartphone-nya.

Ditambah lagi, data Bank Indonesia (BI) menunjukkan peningkatan transaksi digital di e-commerce, dari Rp 401 triliun pada 2021 menjadi Rp 476,3 triliun pada 2022.

Penawaran khusus untuk penjual baru di Lazada merupakan bentuk dukungan kepada pelaku UMKM yang ingin berjualan di Lazada. Melalui penawaran ini, pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya berkat investasi awal yang sangat terjangkau di Lazada.

Lazada percaya, penawaran khusus tersebut dapat menjadi salah satu pendorong percepatan pertumbuhan perekonomian Indonesia. Melalui penawaran ini, Lazada berharap semakin banyak pelaku UMKM yang bergabung dengan platform e-commerce, khususnya Lazada.

Benefit untuk penjual baru

Terdapat lima penawaran khusus yang diberikan Lazada untuk pelaku UMKM yang baru mulai berjualan online di platform e-commerce ini.

Pertama, bebas biaya komisi selama 90 hari. Lazada Indonesia membebaskan potongan biaya komisi kepada penjual baru di Lazada selama 90 hari. Dengan demikian, Lazada menjadi platform termurah untuk penjual baru.

Baca juga: Lazada Luncurkan Program Baru untuk UMKM yang Go Digital

Kedua, bebas biaya promosi gratis ongkos kirim (ongkir). Lazada memberikan subsidi penuh atas keikutsertaan dalam program gratis ongkir bagi penjual baru di Lazada. Hal ini dapat membantu penjual baru untuk memberikan promosi gratis ongkir sehingga tokonya menjadi diminati oleh pembeli.

Dengan penawaran khusus itu, pelaku UMKM bisa mendapatkan pembeli lebih banyak karena bebas ongkir. Selain itu, pelaku UMKM juga bisa mendapatkan keuntungan maksimal karena bisa menjual produk tanpa dikenakan berbagai biaya yang memberatkan.

Lazada hadirkan penawaran khusus penjual baru. DOK. Lazada Indonesia. Lazada hadirkan penawaran khusus penjual baru.

Ketiga, pendampingan penjual selama 90 hari. Penjual baru akan mendapatkan program pendampingan dan pelatihan selama 90 hari pertama sejak bergabung di Lazada.

Dengan bantuan tersebut, penjual dapat beradaptasi dengan berbagai fitur digital dan siap menjalankan bisnis di Lazada.

Keempat, akses pelanggan yang luas dan data bisnis terkini. Lazada memiliki dukungan sistem logistik terintegrasi yang dapat menjangkau seluruh pelanggan di Indonesia.

Penjual juga dapat memanfaatkan berbagai data dan wawasan terkini di dasbor khusus penjual (Seller Center) untuk mendukung strategi bisnis.

Kelima, akses ke platform belajar bisnis online dan dukungan komunitas penjual. Setiap penjual di Lazada dapat mengikuti berbagai pelatihan berjualan online di Lazada University. Para peserta dapat mempelajari ribuan materi pelatihan.

Baca juga: Dukung UMKM Naik Kelas, Lazada Hadirkan Berbagai Program Pelatihan

Ada pula Lazada Club untuk penjual. Di klub ini, penjual yang tergabung di Lazada mengadakan sesi berbagi pengetahuan dan pengalaman secara rutin. Acara ini diadakan supaya penjual di Lazada bisa saling mendukung dan memotivasi.

Jadi, tunggu apa lagi? Pelaku UMKM dapat memanfaatkan penawaran khusus dari Lazada itu untuk mengembangkan usaha. Terlebih, penawaran spesial ini tidak datang dua kali.

Untuk informasi lebih lengkap atau mulai bergabung menjadi penjual di Lazada, Anda bisa mengunjungi lzd.co/daftarajasekarang.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com